Implementasi nilai-nilai pendidikan moral dalam budaya siri’ masyarakat Bugis dan relevansinya dengan pendidikan agama Islam: studi di SD Negeri 66 Gantarang dan SD Negeri 65 Kompang kabupaten Sinjai

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aqsa, Muhammad (2020) Implementasi nilai-nilai pendidikan moral dalam budaya siri’ masyarakat Bugis dan relevansinya dengan pendidikan agama Islam: studi di SD Negeri 66 Gantarang dan SD Negeri 65 Kompang kabupaten Sinjai. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Aqsa_F02318091.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia yang berbudaya, ada suatu aspek yang bersifat umum dan terdapat pada perilaku manusia yang dikenal sebagai moral. Semua perilaku manusia seperti nilai kejujuran, keadilan, kemanusiaan, dan bertingkah laku harus selalu sesuai dengan kaidah yang terdapat ditengah masyarakat. Rumusan masalah dalam penelitian ini: 1. Bagaimana nilai-nilai pendidikan moral yang terdapat didalam budaya siri’ masyarakat Bugis diimplementasikan dilingkungan sekolah Dasar Negeri 66 Gantarang dan di Sekolah Dasar 65 Kompang serta dilingkugan keluarga. 2. Bagaimana relevansi budaya siri’ dengan pendidikan agama Islam? Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis persoalan budaya siri’ yang terdapat dilingkungan masyarakat Bugis, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana implementasi budaya siri’ masyarakat Bugis dan relevansinya dengan pendidikan agama Islam dapat memberikan sumbangsih terhadap peserta didik. dilingkungan masyarakat Bugis dengan berangkat dari sisi pendekatan nilai budaya. Penelitian ini berangkat dari filsafat fenomenologis-kualitatif. Penelitian ini adalah penelitian etnografi, jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian dengan objeknya mengenai implementasi nilai-nilai pendidikan moral dalam budaya siri’. Penelitian ini dapat dikatakan sebagai penelitian etnografi pendidikan yang berkaitan dengan studi tentang pola dan bentuk kebudayaan dan perspektif para partisipan dalam latar natural dan ilmiah. Dengan tertanamnya nilai siri’ ini didalam diri peserta didik maka mereka memiliki karakter yang baik dan sesuai dengan tujuan pendidikan. Penelitian ini menemukan hal penting tentang nilai moral budaya siri’ yang diterapkan disekolah dan masih dipertahankan. Seperti sopan santun, kejujuran, disiplin, kerja keras dan mappuang, sipakatau, sipakainge dan sipakalebbi. Nilai yang terkandung didalam budaya siri’ pada konteks dunia pendidikan meliputi sikap disiplin, keteguhan, kejujuran, sopan santun, sikap amanah, rendah diri, sehingga nilai tersebut lebih kepada etika dan adab seseorang dalam kehidupan sosialnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aqsa, Muhammadaqsa3777anakgunung@gmail.comF02318091
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZainiyati, Husniyatus salamahhusniyatus@yahoo.com2021036901
Thesis advisorKholis, Nurnurkholis08@gmail.com2011036701
Subjects: Budaya - Agama
Keywords: Moral; Budaya Siri’ dan Pendidikan Agama Islam.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Aqsa
Date Deposited: 02 Oct 2020 01:51
Last Modified: 02 Oct 2020 01:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44303

Actions (login required)

View Item View Item