Sejarah dan pengaruh nilai-nilai Islam dalam tradisi petik laut (Rokat Tase’) di Desa Pasongsongan Kecamatan Pasongsongan Kabupaten Sumenep.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fajar, Ahmad Shofiyullah (2020) Sejarah dan pengaruh nilai-nilai Islam dalam tradisi petik laut (Rokat Tase’) di Desa Pasongsongan Kecamatan Pasongsongan Kabupaten Sumenep. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Shofiyullah Fajar_A02216002.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi yang mengkaji tentang Sejarah dan Pengaruh Nilai-Nilai Islam dalam Tradisi Petik Laut (Rokat Tase’) di Desa Pasongsongan kecamatan Pasongsongan kabupaten Sumenep. Adapun Masalah yang akan dibahas dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana sejarah Desa Pasongsongan kecamatan Pasongsongan? (2) Bagaimana sejarah petik laut yang diadakan oleh masyarakat pesisir di Desa Pasongsongan kecamatan Pasongsongan? Dan, (3) Bagaimana pengaruh nilai-nilai islam terhadap acara petik laut di Desa Pasongsongan kecamatan Pasongsongan? Dalam penulisan skripsi ini, penulis menggunakan pendekatan antropologi sebagai ilmu bantu sejarah yang mempelajari tentang masyarakat sosial dengan metode analisis deskriptif kualitatif yang terdiri dari tiga tahap penelitian yaitu heuristik (pengumpulan sumber) verifikasi (kritik sumber) dan interpretasi (penafsiran sumber). Dari hasil penulisan skripsi ini dapat disimpulkan bahwa tradisi petik laut adalah sebagai permohonan atau doa kepada Allah agar masyarakat pesisir Pasongsongan khusunya para nelayan diberikan keselamatan dan limpahan rejeki dengan ritual acara-acara yang sudah ada sejak dulu. Yaitu dengan diawali pembacaan hataman al-quran selama tiga hari, pelepasan arung laut (Ancak) yang didalam ancak itu ada beberapa macam sasajen, diteruskan dengan acara hiburan seperti ludruk, kontes sapi sonok, sandur, topeng dan sronen. nilai-nilai keislaman yang ada dalam acara ini yaitu istigasah dan doa pangrokat, dan acara petik laut ini diakhiri dengan pengajian Akbar dengan mengundang kiai kondang untuk mengisi mauidhah hasanah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fajar, Ahmad Shofiyullahshofiyullahelfajar@gmail.comA02216002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasyhudi, Masyhudimasyhudiadab@gmail.com2006045901
Subjects: Budaya - Agama
Adat
Keywords: Sejarah Islam; tradisi petik laut (Rokat Tase’)
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Ahmad Shofiyullah Fajar
Date Deposited: 01 Oct 2020 13:23
Last Modified: 01 Oct 2020 13:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44294

Actions (login required)

View Item View Item