Kiai Sholeh Bahruddin Ngalah: studi kepemimpinan multikultural di Pondok Pesantren Ngalah Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Shofi, Ibnus (2020) Kiai Sholeh Bahruddin Ngalah: studi kepemimpinan multikultural di Pondok Pesantren Ngalah Pasuruan. Masters thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Ibnus Shofi_F52918014.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kepemimpinan multikultural di Pondok Pesantren Ngalah Pasuruan. Penelitian ini bertujuan untuk menjawah tiga rumusan masalah: (1) Bagaimana konsep kepemimpinan multikultural kiai Sholeh yang dipahami oleh santri di pondok pesantren Ngalah Pasuruan?, (2) Bagaimana konsep kepemimpinan multikultural kiai Sholeh di pondok pesantren Ngalah Pasuruan dalam membentuk santri yang toleran?, (3) Bagaiman otoritas kepemimpinan multikultural kiai Sholeh di pondok pesantren Ngalah Pasuruan? Untuk menjawab ketiga permasalahan tersebut, peneliti menggunakan deskriptif kualitatif dengan pola deduktif, disertai kerangka teoritik otoritas pemimpin Max Weber. Dari temuan penelitian dan pembahasan tesis ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Kepemimpinan Kiai Sholeh terlihat dalam gaya kepemipinan kiai sholeh selalu menngedapakan sikap toleransi, tidak pernah membedakan manusia baik dari segi suku, ras, etnis maupun agama dan keyakinannya. Sehingga Pesantren Ngalah memiliki ikatan yang kuat dengan komunitas lintas agama. (2) Konsep Kepemimpinan Multikultural kiai Sholeh yaitu dengan konsep uswatun khasanan dimana kiai sholeh selalu mendahulukan memberikan contoh bagaimana hidup toleransi saling menghargai orang lain meskipun orang tersebut berbeda keyakinan dengan kita, hal ini dicontohkan oleh kiai Sholeh dalam melayani tamu yang showan ke ndalem yang tidak pernah dibedakan dari segi suku, ras, status social maupun keyakinan. Kemudian kiaai Sholeh memerintahkan kepada santrinya. Hal ini dilakukan oleh kiai Sholeh untuk memberikan keyakinan yang kuat kepada santrinya. (3) Kepemimpinan Kiai Sholeh memiliki otoritas tradisional dan kharismatik, namun kepemimpinan kiai Sholeh tidak termasuk ke dalam otoritas Legal Rasional. Temuan dalam penelitian ini Kiai sholeh tidak memiliki otoritas legal rasional atau berlawanan dengan otoritas rasional yang dikemukakan oleh webber.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Shofi, Ibnusibnusshofi@gmail.comF52918014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorShodiq, Muhammadcakshodiq2@gmail.com2023047502
Thesis advisorWasid, Wasidwasid_2007@yahoo.coid2118027401
Subjects: Pesantren
Kepemimpinan
Keywords: Kiai Sholeh Bahruddin Ngalah; kepemimpinan multikultural; Pondok Pesantren Ngalah Pasuruan
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Shofi Ibnus
Date Deposited: 30 Sep 2020 10:13
Last Modified: 30 Sep 2020 10:13
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44285

Actions (login required)

View Item View Item