Perilaku konsumtif warganet followers selebriti Instagram @aghniapunjabi dalam tinjauan teori Jean Baudrillard

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pramesti, Dea Gita (2020) Perilaku konsumtif warganet followers selebriti Instagram @aghniapunjabi dalam tinjauan teori Jean Baudrillard. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Dea Gita Pramesti_I73216066.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data observasi melalui dunia cyberspace dan wawancara. Sedangkan teori yang digunakan untuk menganalisa serta melihat dari permasalahan yang diteliti dengan menggunakan teori Jean Baudrillard dimana konsumsi tetap lebih penting daripada produksi, sehingga di dalam lingkungan masyarakat segala sesuatu mulai ditentukan oleh relasi tanda, citra dan kode. Teknologi yang semakin berkembang menyababakan masyarakat lebih dekat dengan perilaku cenderung untuk meniru sesuatu untuk aktualisasi dirinya di lingkungannya. Pada masyarakat modern sifat meniru dijadikan sebuah gaya hidup yang perilakunya dapat dipengaruhi oleh banyak pihak. Hal ini menunjukkan bahwa manusia membutuhkan interaksi dan komunikasi untuk membentuk dirinya sebagai individu maupun makhluk sosial. Adanya citra diri seseorang Selebgram yang dapat memikat seseorang bahwasanya penampilannya bisa menjadi inspirasi dalam hal berpakaian. Masyarakat yang terinspirasi oleh penampilan selebgram akan berusaha meniru dengan cara membeli barang-barang yang dikenakan. Para warganet pengikut selebgram mengaku bahwa banyak membelanjakan uangnya dengan barang-barang yang mendukung dalam hal fashion mereka, seperti baju, celana, tas, dan lain-lain. Pembelian barang yang seharusnya tidak terlalu penting membuat seseorang dapat memaksakan diri agar lebih terlihat mengikuti trend yang sedang naik daun.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pramesti, Dea Gitadeapramestigita@gmail.comI73216066
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIzzah, Iva Yulianti Umdatulivayulianti@uinsby.ac.id2018077602
Subjects: Ekonomi
Media Massa
Sosiologi
Keywords: Perilaku konsumtif; Followers selebriti instagram.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Dea Gita Pramesti
Date Deposited: 30 Sep 2020 06:31
Last Modified: 30 Sep 2020 06:31
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44272

Actions (login required)

View Item View Item