الكلام الإنشائي ومعانيه في سورة الصافات في القرآن الكريم : دراسة بلاغية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Musyayyadah, Muhimmatul (2020) الكلام الإنشائي ومعانيه في سورة الصافات في القرآن الكريم : دراسة بلاغية. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhimmatul Musyayyadah_A91216141.pdf

Download (2MB)

Abstract

Balāghah adalah sebuah ilmu yang mengkaji mengenai gaya bahasa dalam sebuah teks atau ungkapan. Terdapat berbagai macam kajian dalam balāghah, antara lain: ‘ilmu bayān, ‘ilmu ma’ānī, dan ‘ilmu badī’. Pada penelitian ini peneliti mengkaji surah al-Ṣāffāt dengan menggunakan salah satu kajian balaghah dalam ‘ilmu ma’ānī yaitu Kalām Inshā’ī. Kalām Inshā’ī adalah sebuah ungkapan yang tidak menunjukkan kebenaran atau kebohongan. Adapun kalām inshā’ī dibagi menjadi dua bagian, yaitu: kalām inshā’ī ṭalabī dan kalām inshā’ī ghairu ṭalabī. Adapun fokus permasalahan dalam skripsi ini adalah: (a) apa saja macam-macam kalām inshā’ī dalam surah al-Ṣāffāt, (b) apa saja makna-makna kalām inshā’ī yang terdapat dalam surah al-Ṣāffāt. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penggunaan metode tersebut bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk dan makna kalām inshā’ī pada surah al-Ṣāffāt. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, dapat ditemukan 47 kalimat yang mengandung kalām inshā’ī dalam surah al-Ṣāffāt dengan bentuk yang berbeda-beda, antara lain: 16 amr (perintah), 22 istifhām (pertanyaan), 3 tamannī (harapan), 4 nidā’ (seruan), dan 2 qasam (sumpah).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Musyayyadah, Muhimmatulmuhimmatulmusyayyadah@gmail.comA91216141
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuntaha, Muntaha--2012075901
Subjects: Kesusastraan > Sastra Arab
Kesusastraan
Keywords: Kalām Inshā’ī dan Maknanya dalam Surat al-Ṣāffāt dalam al-Qur’ān al-Karīm
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Musyayyadah Muhimmatul
Date Deposited: 27 Sep 2020 12:09
Last Modified: 27 Sep 2020 12:09
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44239

Actions (login required)

View Item View Item