Tinjauan hukum islam terhadap pelaksanaan Rafa' secara tertutup karena status anak luar kawin calon pengantin putri di KUA Sedati

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mukaromah, Ovi Cahya (2020) Tinjauan hukum islam terhadap pelaksanaan Rafa' secara tertutup karena status anak luar kawin calon pengantin putri di KUA Sedati. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ovi Cahya Mukaromah_C91216179.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam penelitian ini data-data yang dikumpulkan dihimpun dengan dua teknik, yakni wawancara dan dokumentasi. Setelah data dari wawancara dan dokumentasi terkumpul, maka dilakukan analisis. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif dengan pola pikir deduktif, dengan memaparkan, menjelaskan dan menganalisa terhadap aspek-aspek yang berkaitan dengan penelitian. Dalam penelitian ini adalah gambaran kasus pelaksanaan rafa’ secara tertutup karena status anak luar kawin calon mempelai putri di KUA Sedati yang kemudian di analisis menggunakan hukum Islam. Hasil dari penelitian tersebut menyimpulkan bahwa pelaksanaan rafa’ secara tertutup karena status anak luar kawin calon pengantin putri di KUA Sedati terjadi apabila saat pemeriksaan dokumen diketahui bahwa calon pengantin putri merupakan anak luar kawin. Pelaksanaan rafa’ secara tertutup tersebut didasarkan oleh pertimbangan Kepala KUA Sedati untuk menjaga kemaslahatan dan menghindari mafsadah. Pertimbangan Kepala KUA Kecamatan Sedati dalam Pelaksanaan rafa’ secara tertutup karena status anak luar kawin calon pengantin putri di KUA Sedati diperbolehkan dalam hukum Islam, sebab dalam Islam menganjurkan untuk menjaga kemaslahatan dan menghindari mafsadah. Mengingat bahwa terdapat banyak persoalan status anak luar kawin yang terjadi di masyarakat, pemerintah perlu mengadakan sosialisasi akan pentingnya status anak dalam pernikahan yang dapat mempengaruhi nasab. Dan dibutuhkan adanya perundang-undangan mengenai persoalan pernikahan anak luar kawin yang tidak hanya mengatur masalah waris, tetapi juga mengatur nasab, dan pernikahan anak luar kawin secara khusus.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mukaromah, Ovi Cahyaovicahya@gmail.comC91216179
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuwahid, Muwahid--2010037801
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Perkawinan
Hukum Islam > Status Anak
Keywords: Pernikahan; Rafa'; Anak di luar pernikahan.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Ovi Cahya Mukaromah
Date Deposited: 25 Sep 2020 11:03
Last Modified: 25 Sep 2020 11:03
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44220

Actions (login required)

View Item View Item