Hubungan sosial antara Agama Islam dan Agama Kristen di Kelurahan Menanggal, Kecamatan Gayungan, Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wilda, Husni (2020) Hubungan sosial antara Agama Islam dan Agama Kristen di Kelurahan Menanggal, Kecamatan Gayungan, Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Husni Wilda_E02213010.pdf

Download (1MB)

Abstract

Manusia di muka bumi ini senantiasa melakukan interaksi antara satu dengan yang lainnya sehingga manusia disebut sebagai makhluk sosial. Seperti halnya dalam hubungan sosial antara Agama Islam dan Agama Kristen di Kelurahan Menanggal, Gayungan, Surabaya. Kedua agama tersebut mempunyai sikap dan hubungan sosial serta apa saja tantangan dan harapan yang mereka hadapi. Dengan demikian, penulis merumuskan tiga persoalan yaitu: (1) Bagaimanakah sikap dan hubungan sosial antara Umat Islam dan Umat Kristen di Kelurahan Menanggal, Kecamatan Gayungan, Kota Surabaya; (2) Bagaimanakah tantangan serta harapan antara Umat Islam, dan Umat Kristendalam hal hubungan sosialnya. Metode yang digunakan; menentukan lokasi penelitian; pengumpulan data dengan cara; observasi untuk mengamati dan menyelidiki fakta-fakta empiris yang terjadi, wawancara dengan tokoh-tokoh kedua pemuka agama, kegiatan yang dilakukan oleh kedua agama tersebut. Setelah selesai, penulis menganalisis menggunakan teori Mukti Ali. Digunakan pendekatan sosiologis. Setelah dilakukan penelitian, penulis mendapatkan hasil bahwa; pertama, Sikap kedua umat tersebut adalah saling menghargai dan menjunjung tinggi toleransi. Kedua umat tersebut saling bersinergi misalnya pada saat Hari Raya Idul Fitri/Idhul Adha. Saat perayaan umat Islam yaitu pada waktu Idhul Adha, umat Kristiani pun terlibat dalam kepanitiaan perayaan tersebut. Kegiatan lain dalam masyarakat tersebut seperti dalam halnya bakti sosial, mereka saling membantu mewujudkan lingkungannya mengalami progresif dan terjalinya komunikasi yang baik. Kedua, tantangan dan harapan umat Islam dan Kristiani yaitu terjadi pada efektivitas komunikasi, dalam hal komunikasi memang kurang maksimal dalam hal ini, mereka mempunyai karakter pribadi masing-masing namun mereka terkadang kurang bias memahami satu dengan yang lainnya. Harapan dalam hal ini yaitu bahwa kedua umat tersebut mempunyai komunikasi yang lebih baik lagi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wilda, Husnihusniwilda14@gmail.comE02213010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetiyani, Wiwikwiwiksetiyani@uinsby.ac.id2007127102
Subjects: Gereja
Islam
Sosiologi
Keywords: Hubungan sosial; Agama Islam; Agama Kristen; Sikap; Tantangan dan Harapan.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Husni Wilda
Date Deposited: 29 Sep 2020 08:53
Last Modified: 29 Sep 2020 08:53
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44216

Actions (login required)

View Item View Item