Pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan Model Exo-olo Task untuk melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

khusna, ulfi mualifatul (2020) Pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan Model Exo-olo Task untuk melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ulfi Mualifatul Khusna_D74215074.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan perangkat pembelajaran dengan model Exo-Olo Task untuk melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik yang valid, praktis, dan efektif, serta mengetahui kemampuan berpikir kritis peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran dengan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah catatan lapangan, teknik validasi, teknik observasi, dan keterlaksanaan sintaks, teknik angket, dan teknik tes tulis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan masuk dalam kategori valid dengan nilai kevalidan perangkat RPP sebesar 4,1, dan LKPD sebesar 4,2. Perangkat yang dikembangkan juga masuk dalam kategori praktis dengan penilaian kepraktisan RPP dan LKPD adalah dua poin B dan satu poin A. Perangkat juga dikatakan efektif karena persentase aktivitas peserta didik yang aktif lebih besar daripada yang pasif yaitu sebesar 96,875%, skor kemampuan pendidik dalam melaksanakan sintaks sebesar 3,9% tergolong baik, dan persentase respon positif peserta didik sebesar 83,9%. Hasil kemampuan berpikir kritis tertulis matematis peserta didik diperoleh 20,833% tergolong sangat tinggi, 54,167% tergolong tinggi, dan 25% tergolong sedang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
khusna, ulfi mualifatululfimualufatul@gmail.comD74215074
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKurniawan, Agus Prasetyosugagost@gmail.com2021088301
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.id2028098401
Subjects: Metode Pembelajaran
Matematika
Pendidikan
Keywords: Model Exo-Olo Task; berpikir kritis.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ulfi Ulfi Mualifatul Khusna
Date Deposited: 24 Sep 2020 13:56
Last Modified: 24 Sep 2020 13:56
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44212

Actions (login required)

View Item View Item