Konsep islah dalam Alquran persepektif tafsir Indonesia dan implementasinya terhadap UUD 1945

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fathollah, Moh. Fauzan (2020) Konsep islah dalam Alquran persepektif tafsir Indonesia dan implementasinya terhadap UUD 1945. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh. Fauzan Fathollah_F52518216.pdf

Download (4MB)

Abstract

Is{hlah{ adalah bahasa yang digunakan alquran untuk menginterpretasikan makna damai dalam kehidupan. Rasa damai dan aman adalah nilai yang esensial dalam kehidupan manusia. Dengan adanya kedamaian, akan tercipta hubungan dan interaksi kehidupan yang harmonis. Maka dari itu, alquran yang merupakansumber utama ajaran Islam di antaranya berfungsi sebagai kitab suci yang membawa pesan perdamaian dalam kehidupan manusia. Begitu juga dengan Nabi Muhammad yang salah satu misinya adalah memberikan rasa perdamaian dan aman, serta sebagai rahmat bagi seluruh alam.Indonesia yang merupakan negara majemuk, diharuskan mengedepankan perdamaian dengan bermusyawarah, dalam menyelesaikan konflik yang ada. Konflik yang baru terjadi di Indonesia yaitu dalam Pilpres 2019 antara pendukung 01 dan 02, dan dikuti kerusuhan di Wamena, Papua. Dua konflik tersebut dapat mengancam keamanan, dan keutuhan bangsa. Sehingga penulis tertarik untuk meneliti konflik tersebut untuk dikaji sesuai dengan kosep perdamaian yang dalam alquran dengan interpretasi mufassir Indonesiauntuk menemukan implementasinya terhadap UUD 1945. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian kepustakaan atau (library research). Kemudian menggunakan teknik pengumpulan data secara dokumentasi yang bersifat analisis isi (content analysis) dengan pendekatan penafsiran secara tematik (maudhu’i). Hasil dari penelitian ini,menurut mufassir Indonesia baik pada era pra kemerdekaan, pembangunan nasional dan reformasi adalah suatuperintah bagi seluruh manusia, mulai dari diri pribadi, keluarga, masyarakat, dan umat secara universal, agar dalam menjalani hidup penuh keadilan dan kedamaian. Semua itu dijelaskan dalam surat al-Baqarah ayat 182 dan 224, an-Nisa ayat 128-129, al-Anfal ayat 1 dan al-Hujurat ayat 9-10. Apabila adil dan aman, damai sudah terealisasi, maka kehidupan akan penuh kesejahteraan, pendidikan dan kegiatan sosial lainnya dapat berjalan dengan baik sehingga tidak sulit untuk membangun sumber daya manusia. Semua itu agar tercipta SDM Unggul untuk menjadikan Indonesia berdaulat di dunia. Keserasian antara perintah perdamaian yang ada dalam alquran dengan UUD 1945 adalah suatu anugerah yang harus dilaksanakan untuk membawa Indonesia Maju.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fathollah, Moh. Fauzanmohfauzan939@gmail.comF52518216
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhotib, Khotibkhotibsholeh@gmail.com2008066902
Thesis advisorMasruhan, Masruhan--2004045901
Subjects: Islam > Islam - Negara
Pertahanan Nasional
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Konsep islah; Alquran; persepektif tafsir; UUD 1945
Divisions: Program Magister > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Fathollah Moh. Fauzan
Date Deposited: 24 Sep 2020 12:44
Last Modified: 24 Sep 2020 12:44
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44204

Actions (login required)

View Item View Item