Upaya guru agama dalam menanamkan sikap spiritual peserta didik melalui proses pembelajaran di MTsN 4 Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholiha, Putri Abidatus (2020) Upaya guru agama dalam menanamkan sikap spiritual peserta didik melalui proses pembelajaran di MTsN 4 Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Putri Abidatus Sholiha_D91216121.pdf

Download (4MB)

Abstract

Sikap spiritual yang menjadi bagian dalam kurikulum 2013 yang perlu di tanamkan oleh para guru, khususnya oleh guru Pendidikan Agama Islam ini sangat penting untuk dimiliki oleh setiap insan, maka dari itu penanaman sikap spiritual perlu ditanaman sedini mungkin, termasuk pula pada jenjang pendidikan. Aspek-aspek yang menjadi fokus penelitian ini adalah (1) Apa saja bentuk sikap spiritual peserta didik yang ingin ditanamkan melalui proses pembelajaran di MTsN 4 Mojokerto? (2) Bagaimana cara yang dilakukan guru agama dalam menanamkan sikap spiritual peserta didik di MTsN 4 Mojokerto melalui proses pembelajaran?(3) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat penanaman sikap spiritual yang dilakukan oleh guru agama melalui proses pembelajaran di MTsN 4 Mojokerto? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap spirtual yang ingn ditanamkan oleh guru agama di MTsN 4 Mojokerto adalah : : pertama, mampu membaca al-Qur’an dengan baik, Kedua, memiliki akhlak mahmudah, Ketiga, menjalankan ibadah sesuai agamanya, dan Keempat, mampu meneladani para pendahulu. Sementara cara yang dilakukan guru agama dalam menanamkan sikap spiritual pada peserta didik melalui proses pembelajaran adalah : pemilihan dan penggunaan metode yang tepat, dan melakukan pembiasaan sikap spiritual baik di dalam kelas dan diluar kelas. Kemudian faktor pendukungnya adalah : motivasi orang tua, lingkungan yang baik, kerja sama antar guru, da pemberian treatment pelajaran yang baik. Sementara faktor penghambatnya ialah: kurangnya motivasi dari orang tua, lingkungan yang tidak baik, dan pergaulan dengan teman yang tidak baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholiha, Putri Abidatusada293378@gmail.comD91216121
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorJazil, Saifuljazilubna@gmail.com2012126901
Thesis advisorFaizin, Mohfaizin7172@gmail.com2015087202
Subjects: Agama
Akhlak
Akhlak > Akhlak Mulia
Uncontrolled Keywords: Guru agama; Sikap spiritual; Proses pembelajaran.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Putri Abidatus Sholiha
Date Deposited: 29 Sep 2020 02:29
Last Modified: 29 Sep 2020 02:29
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44184

Actions (login required)

View Item View Item