Guru menggunakan metode sosiodrama dalam mengembangkan keterampilan berbahasa anak yang masih rendah di TK Darussalam Wedoro Belahan Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qomaria, Nurul (2020) Guru menggunakan metode sosiodrama dalam mengembangkan keterampilan berbahasa anak yang masih rendah di TK Darussalam Wedoro Belahan Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Qomaria_D98216049.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peran guru dalam mengembangkan keterampilan berbahasa anak dengan menggunakan metode sosiodrama. Upaya guru supaya anak dengan mudah berinteraksi antar sesame, karena bahasa sangat dibutuhkan dalam bermasyarakat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk: 1) mengetahui peran guru dalam mengembangkan keterampilan berbahasa anak dengan menggunakan metode sosiodrama, serta cara penerapan guru dalam menggunakan metode sosiodrama, 2) megetahui keberhasilan anak dalam mengembangkan berbahasa dengan menggunakan metode sosiodrama. Dalam penyajian karya ilmiah ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif menggunakan metode pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelompok B 1. Teknik penelitian yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Triangulasi data dilakukan dengan cara membandingkan data hasil pengamatan, hasil wawancara, dan melakukan pemeriksaan ulang sumber data dan subjek peneliti lain. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: peran guru dalam mengembangkan keterampilan berbahasa anak dengan menggunakan metode sosiodrama di TK Darussalam Wedoro Belahan, Waru, Sidoarjo yaitu :Peran guru di TK Darussalam telah berhasil untuk memenuhi sebagai standar guru yang melipti, guru sebagai membimbing, mengarahkan, mengevaluasi dari seluruh kegiatan anak-anak dan yang paling penting guru sebagai fasilitator dengan menyiapkan sebuah alur cerita atau scenario, memandu jalannya cerita, serta mengendalikan pemeran untuk memastikan bahwa semua sudah disampaikan, memperkenalkan dan menyampaikan tema yang akan di perankan pada saat itu. Hasilnya keterampilan berbahasa anak yaitu anak dapat menyusun beberapa kata menjadi satu sampai dua kalimat, bahkan bisa melebihi dari dua kalimat, kemudian anak-anak berkomunikasi dengan temannya secara lancar (tidak terbantah-bantah), anak dapat menjawab atau meneruskan komunikasi dari teman lainnya dan disertai dengan gerakan serta mimik wajah, dan dapat mengerti perintah secara bersamaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qomaria, Nurulnurulria902@gmail.comD98216049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorMuallifah, Ilunilunmuallifah@yahoo.com2006076701
Thesis advisorMas’ud, Sulthonsulthonmasud@yahoo.com2073091001
Subjects: Anak
Guru
Keterampilan
Uncontrolled Keywords: Guru; metode sosiodrama; keterampilan berbahasa; anak paud
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Nurul Qomaria
Date Deposited: 23 Sep 2020 02:36
Last Modified: 23 Sep 2020 02:36
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44183

Actions (login required)

View Item View Item