Peran Pendidikan Agama Islam dalam peningkatan sikap spiritual lansia: studi kasus pada jamaah pengajian Kitab Ihya' Ulumuddin di Pondok Pesantren Al Ismailiyah Ngelom Sepanjang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ni'mah, Musbirotun (2020) Peran Pendidikan Agama Islam dalam peningkatan sikap spiritual lansia: studi kasus pada jamaah pengajian Kitab Ihya' Ulumuddin di Pondok Pesantren Al Ismailiyah Ngelom Sepanjang. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Musbirotun Ni'mah_D91216069.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam prosesnya, pendidikan bukan hanya terinci pada masa usia wajib belajar, melainkan dalam waktu yang tidak ada batasnya, sejak manusia dilahirkan ke bumi hingga jasadnya berakhir di liang lahat. Proses pendidikan sangatlah penting bagi manusia, manusia akan sulit mencapai tujuan hidupnya tanpa adanya proses pendidikan. Melalui proses tersebut dapat membantu manusia untuk menapaki tingkat pemahaman yang lebih, setelah mampu untuk memahami, akan membuat manusia lebih beriman. Pendidikan agama Islam sebagai upaya untuk menjadikan seseorang beragama Islam dengan baik sesuai dengan tuntutan syari’at Islam sehingga dapat memperoleh kebahagiaan di dunia maupun diakhirat. Tidak hanya berupa pengetahuan saja, namun pendidikan agama Islam mengarahkan untuk menumbuhkan moral dan karakter seseorang yang ditekankan pada perasaan, sikap, kepribadian dan kepercayaan. Pendidikan agama Islam juga sebagai upaya mempersiapkan diri untuk menuju kebahagiaan di kehidupan selanjutnya. Hal tersebut membuat seseorang lebih berpikir tentang apa saja yang mereka lakukan. Selaras dengan proses kehidupan yang dilalui manusia secara umumnya, yakni mulai bayi, anak-anak, remaja, dewasa, dan lanjut usia. Semakin bertambah usia seseorang dan semakin ,mendekati pada proses lanjut usia atau lansia, akan membuat dia lebih mempersiapkan dirinya untuk kehidupanselanjutnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ni'mah, Musbirotunmusbir.n22@gmail.comD91216069
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRubaidi, Rubaidiubeduinsby@gmail.com2010067101
Thesis advisorFaizin, Moh.faizin-ahwan@yahoo.com2015087202
Subjects: Pendidikan > Pesantren
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Spiritualisme
Keywords: Pendidikan Agama Islam; Lansia.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Musbirotun Ni'mah Zidni
Date Deposited: 22 Sep 2020 08:33
Last Modified: 22 Sep 2020 08:33
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44171

Actions (login required)

View Item View Item