Efektivitas program Magang Jepang dalam penciptaan lapangan kerja baru: studi pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azizah, Nur Laily (2020) Efektivitas program Magang Jepang dalam penciptaan lapangan kerja baru: studi pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Laily Azizah_G71216075.pdf

Download (1MB)

Abstract

Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi pada objek. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dengan informan dalam penelitian ini yaitu kepala seksi pembinaan penyelenggaraan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur, panitia seleksi program magang Jepang, Purna magang Jepang. Program magang Jepang merupakan suatu program yang diadakan oleh kementrian ketenagakerjaan yang melakukan kerjasama dengan pemerintah Jepang untuk mengatasi pengangguran dan memajukan perekonomian di setiap daerah dengan cara melakukan pemberdayaan sumber daya manusia seperti halnya pembinaan dan pelatihan kerja untuk meningkatkan soft skill. Terdapat 62 bidang yang disediakan pemerintah dalam program pemagangan ke Jepang dengan masa kontrak pemagangan kerja 3 tahun, apabila peserta memiliki soft skill yang sangat bagus dapat memperpanjang masa kontrak pemagangan kerja menjadi 5 tahun. Terdapat fasilitas yang diperoleh peserta pemagangan selama berada di Jepang memperoleh gaji, tempat tinggal/apartemen, tiket pulang-pergi Indonesia ke Jepang, transportasi. Sedangkan fasilitas yang diperoleh peserta pemagangan ketika mereka pulang ke Indonesia antara lain memperoleh tunjangan modal usaha masa pemagangan kerja 3 tahun dan visa magang kerja sedangkan masa pemagangan kerja 5 tahun, sertifikat kompetensi kerja. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Implementasi program magang Jepang dapat dikatakan efektif karena sudah sesuai dengan peraturan yang ada namun sedikit memiliki kendala saat melakukan sosialiasi ke setiap daerah kabupaten atau kota adanya otonomi daerah. Mengenai efektivitas program magang Jepang dalam penciptaan lapangan kerja baru ketika mereka kembali ke Indonesia, berdasarkan hasil wawancara ke beberapa orang purna magang Jepang mampu (1)menciptakan wirausaha mandiri baik dalam bidang usaha maupun jasa serta memiliki karyawan, (2)baru mulai merintis usaha serta mampu memanfaatkan sertifikat untuk melamar pekerjaan di Indonesia namun (3)tidak laporan para purna magang Jepang ketika mereka kembali ke Indonesia kepada pemerintah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azizah, Nur Lailynurlailyazizah07.nla@gmail.comG71216075
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusfiqoh, Sitimusfiqohzuhroh@yahoo.co.id2013087601
Subjects: Pendidikan > Sumber Daya Manusia
Pengangguran
Keywords: Efektivitas; Program magang jepang; Penciptaan lapangan kerja.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nurlailyazizah Nurlailyazizah
Date Deposited: 22 Sep 2020 06:04
Last Modified: 22 Sep 2020 06:04
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44166

Actions (login required)

View Item View Item