Pengorganisasian kelompok ibu-ibu dalam upaya mengembangkan usaha kerupuk untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan di Dusun Kedungkebo Desa Rayung Kecamatan Senori Kabupaten Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasanah, Ma'rifatul (2020) Pengorganisasian kelompok ibu-ibu dalam upaya mengembangkan usaha kerupuk untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan di Dusun Kedungkebo Desa Rayung Kecamatan Senori Kabupaten Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ma'rifatul Hasanah_B02216030.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dusun Kedungkebo merupakan dusun yang memiliki berbagai macam aset dan potensi. Salah satu aset yang paling menonjol di sana adalah aset manusianya, yaitu keterampilan masyarakat dalam memproduksi kerupuk rambak tapioka, akan tetapi keterampilan tersebut belum dimanfaatkan secara maksimal sehingga tingkat perekonomian mereka masih rendah. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah mengorganisir masyarakat, khususnya produsen kerupuk rambak tapioka serta kelompok ibu-ibu dalam mengembangkan usaha kerupuk rambak tapioka untuk meningkatkan ekonomi. Penelitian ini menggunakan metode ABCD (Asset Based Community Development) dengan melakukan langkah 5-D dalam Apreciative Inquiry, yaitu menemukenali dan mengungkap aset atau potensi (Discovery), membangun mimpi (Dream), merancang dan menyusun strategi dari mimpi yang telah dibangun (Design), selanjutnya melakukan aksi partisipatif dari strategi yang dirancang (Define), sampai melakukan monitoring dan evaluasi (Destiny). Strategi yang dilakukan dalam mengembangkan usaha kerupuk rambak adalah dengan pembentukan kelompok usaha bersama dengan beberapa kegiatan. Adapun perubahan sosial yang terjadi setelah adanya pengorganisasian ini adalah munculnya kesadaran masyarakat akan keterampilan yang dimilki untuk dijadikan sebagai peluang bisnis atau wirausaha untuk meningkatkan perekonomian mereka.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasanah, Ma'rifatularifanaila01@gmail.comB02216030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAdnan, Abdul MujibUNSPECIFIED2007025902
Subjects: Ekonomi
Masyarakat
Wirausaha
Keywords: Pengorganisasian Masyarakat; Kewirausahaan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ma'rifatul Hasanah
Date Deposited: 19 Sep 2020 14:32
Last Modified: 19 Sep 2020 14:32
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44117

Actions (login required)

View Item View Item