TA'LIM AL BALAGHAH MIN KHILAL AL ASALIB AL BALAGHIYAH LI AHADIST ADAB AL THALIBIN LI TARQIYAH MAHARAH AL KITABAH: BAHST TATHWIRIY BI AL TATHBIQ 'ALA THALABAH QISM AL LUGHAH AL ARABIYAH WA ADABIHA BI JAMI'AH SUNAN AMPEL AL ISLAMIYAH AL HUKUMIYAH SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ikhwan, Muhammad (2015) TA'LIM AL BALAGHAH MIN KHILAL AL ASALIB AL BALAGHIYAH LI AHADIST ADAB AL THALIBIN LI TARQIYAH MAHARAH AL KITABAH: BAHST TATHWIRIY BI AL TATHBIQ 'ALA THALABAH QISM AL LUGHAH AL ARABIYAH WA ADABIHA BI JAMI'AH SUNAN AMPEL AL ISLAMIYAH AL HUKUMIYAH SURABAYA. Masters thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Resume.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (697kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (791kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (417kB) | Preview

Abstract

Menulis merupakan suatu ketrampilan yang penting, bahkan ketrampilan
menulis merupakan salah satu tujuan utama dalam pembelajaran bahasa asing.
Namun demikian, ketrampilan para pelajar dalam menulis ini masih rendah.
Lemahnya kemampuan menulis tersebut bukan disebabkan oleh sulitnya menulis
dalam bahasa asing, namun ia disebabkan oleh sarana dan metode pembelajaran
yang tidak efektif dan menunjang.
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk melatih mahasiswa dalam
mengembangkan tulisan dengan kalimat yang sederhana dan susunan sistematis
serta menyenangkan. 2) Membantu mahasiswa untuk merevisi, mengedit dan
mengoreksi karangan. 3) Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam
ketrampilan menulis bahasa Arab.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan kuantitatif dalam
bentuk Experiment reseach dalam proses pembelajaran ketrampilan menulis
dengan menggunakan uslub-uslub balaghah pada hadith Adab al-Talibin. Model
pembelajaran ini terdiri dari empat langkah yaitu: perencanaan, tindakan,
pengamatan, dan refleksi.
Adapun data penelitian ini dari kegiatan dosen dan mahasiswa dalam
proses pembelajaran ketrampilan menulis dan hasil karangan mahasiswa Program
Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya semester II, kelas
E dan F. Penelitian ini dilakukan pada bulan April sampai dengan Juli 2015.
Hasil penelitian dengan menggunakan Uslub-uslub Balaghah ini untuk
kelas Experimen 65 (Pre-Tes), 76 (Post-Tes pertama) dan 86,7 (Post-Tes ke-Dua).
Sedangkan kelas Control 64,8 (Pre-Tes), 68,8 (Post- Tes pertama) dan 71,16
(Post-Tes ke-Dua). Banyak terjadi peningkatan dalam proses pembelajaran
ketrampilan menulis di kelas eksperimen.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Husein Aziz
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ikhwan, MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: al-Asalib al-Balaghiyyah; Tarqiyah Maharah Kitabiyah;
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Feb 2016 08:34
Last Modified: 02 Feb 2016 08:36
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/4409

Actions (login required)

View Item View Item