Manajemen sumber daya insani: studi turnover pada Yayasan Dana Sosial Al Falah Surabaya dalam perspektif ekonomi islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nazilah, Ulfatun (2020) Manajemen sumber daya insani: studi turnover pada Yayasan Dana Sosial Al Falah Surabaya dalam perspektif ekonomi islam. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ulfatun Nazilah_F12418177.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tesis yang berjudul Manajemen Sumber Daya Insani (Studi Turnover pada Yayasan Dana Sosial Al Falah Surabaya dalam Perspektif Ekonomi Islam) untuk menjawab persoalan bagaimana pengembangan karir yang dijalankan di Yayasan Dana Sosial Al Falah Surabaya, bagaimana turnover di Yayasan Dana Sosial Al Falah Surabaya dan apa saja faktor-faktor yang menyebabkan karyawan memilih turnover. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan penelitian adalah karyawan yang sudah turnover dari Yayasan Dana Sosial Al Falah Surabaya. Peneliti menggunakan pendekatan triangulasi data untuk menguji keabsahan data. Data yang sudah terkumpul selanjutnya dilakukan analisis berdasarkan kriteria-kriteria tertentu, kemudian dilakukan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Yayasan Dana Sosial Al Falah Surabaya telah menjalankan sistem rekruitmen sebagaimana lembaga lain pada umumnya, akan tetapi HRD mengalami kesulitan mencari pengganti saat terjadi turnover mendadak. Sedangkan pengembangan karir di Yayasan Dana Sosial Al Falah Surabaya belum memiliki pola khusus yang ditetapkan sebagai panduan pengembangan karir karyawan. 2) Tingkat turnover yang terjadi di YDSF Surabaya sejak tahun 2017 termasuk kategori tinggi karena lebih dari 10% per tahun. Informan mengajukan turnover karena alasan pribadi atau keluarga, melanjutkan kuliah atau mendapatkan pekerjaan di tempat lain. Jangka waktu pengajuan turnover dan turnover intention yang dialami informan mayoritas di bawah 1 bulan. 3) Faktor-faktor yang mendorong informan dalam memilih keputusan turnover dari YDSF Surabaya adalah merasa kurang berkembang (42%), kenyamanan dalam bekerja (33%), melanjutkan kuliah (33%), gaji (33%), sikap atasan (33%), urusan pribadi (25%), dan jenjang karir (17%). Selain itu, faktor-faktor yang menjadi penyebab terjadinya turnover di YDSF Surabaya adalah usia karyawan yang masih dibawah 30 tahun, lemahnya keikatan karyawan terhadap lembaga, minimnya kepuasan kerja karyawan, masa kerja karyawan di bawah 2 tahun, tingkat pendidikan dan intelegensi karyawan dan ketidaksesuaian budaya kerja. Saran dari adanya penelitian ini hendaknya manajemen memperhatikan faktor-faktor yang memicu turnover sebagai bahan dalam merencanakan dan memperbaiki sistem manajemen sumber daya insani agar lebih efektif dan efisien. Selain itu, keikatan antar karyawan dan lembaga dapat dibangun melalui partisipasi aktif dari semua karyawan dalam setiap kegiatan lembaga

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nazilah, Ulfatunulfatunnazilah@gmail.comF12418177
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorRitonga, Iskandariskandarritonga@yahoo.com2015066502
Thesis advisorArifin, Sirajulsirajul.arifin@uinsby.ac.id2014057001
Subjects: Ekonomi Islam
Manajemen
Amil Zakat
Uncontrolled Keywords: Pengembangan karir dan turnover.
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ulfatun Nazilah
Date Deposited: 18 Sep 2020 23:10
Last Modified: 18 Sep 2020 23:10
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44086

Actions (login required)

View Item View Item