Efektivitas pelaksanaan program Sekolah Perempuan oleh Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KBPPPA) Gresik dalam menciptakan relasi suami isteri yang adil gender

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afifah, Siti Nur (2020) Efektivitas pelaksanaan program Sekolah Perempuan oleh Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KBPPPA) Gresik dalam menciptakan relasi suami isteri yang adil gender. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
SITI NUR AFIFAH_C91216189.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Efektivitas Pelaksanaan Program Sekolah Perempuan oleh Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KBPPPA) Gresik dalam Menciptakan Relasi Suami Isteri yang Adil Gender”. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab rumusan masalah yaitu tentang bagaimana pelaksanaan program sekolah perempuan oleh Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KBPPPA) Gresik dalam menciptakan relasi suami isteri yang adil gender dan Bagaimana Implementasi serta Efektivitas Program Sekolah Perempuan oleh Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KBPPPA) Gresik dalam menciptakan relasi suami isteri yang adil gender. Skripsi ini merupakan jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pola pikir deduktif yaitu dengan menjelaskan teori tentang relasi suami isteri yang adil gender secara umum kemudian dilihat fakta yang terjadi di lapangan yang selanjutnya diberi penafsiran untuk mendapatkan kesimpulan. Dari penelitian ini diketahui Sekolah Perempuan adalah program Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KBPPPA) Gresik yang bertujuan untuk mengubah pola pikir dan menyadarkan perempuan bahwa mereka mempunyai kedudukan yang seimbang dengan laki-laki oleh karena itu diharapkan relasi yang terbentuk antara suami dan isteri adalah sebuah relasi yang adil gender yakni suatu hubungan yang menjadikan keseimbangan hak dan kewajiban dasar dari kehidupan berumah tangga sehingga bentuk-bentuk ketidakadilan gender dapat berkurang bahkan hilang seperti subbordinasi, kekerasan dan beban ganda. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pelaksanaan Sekolah Perempuan sesuai dengan konsep relasi suami isteri yang adil gender. Adapun implementasi sekolah perempuan di lapangan terlaksana semua meskipun masih ada beberapa kekurangan, sehingga efektivitas pelaksanaan program Sekolah Perempuan untuk menciptakan relasi suami isteri yang adil gender dapat dikatakan efektif. Hal ini dapat dilihat dari tanggapan beberapa peserta Sekolah Perempuan tentang relasi dengan suaminya membaik setelah mereka belajar di Sekolah Perempuan, dan tanggapan dari tokoh masyarakat setempat. Berdasakan kesimpulan diatas maka penulis dapat memberikan saran pertama kepada Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KBPPPA) Gresik agar ada jadwal Sekolah perempuan yang rutin dan menambah jumlah Sekolah Perempuan agar merata di seluruh kecamatan Kabupaten Gresik. Kedua, Bagi pasangan suami isteri diharapkan sadar mengenai pentinganya relasi yang adil gender dalam suatu keluarga sehingga keluarga yang sakinah mawaddah wa rohmah akan tercipta dan terhindar dari indikator ketidakadilan gender termasuk kekerasan dan beban ganda.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afifah, Siti Nursitnurafifaha@gmail.comC91216189
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorChairah, Dakwatuldakwah_chairah@yahoo.com2023045701
Subjects: Gender
Keluarga
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Siti Nur Afifah
Date Deposited: 18 Sep 2020 11:59
Last Modified: 18 Sep 2020 11:59
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44080

Actions (login required)

View Item View Item