Implementasi metode montessori dalam pembelajaran Matematika anak usia 3-4 tahun di PG-TK Ar-Raudhah Pepelegi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rizky, Dewi Anggraini (2020) Implementasi metode montessori dalam pembelajaran Matematika anak usia 3-4 tahun di PG-TK Ar-Raudhah Pepelegi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizky Dewi Anggraini_D98216054.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan matematika anak usia 3-4 tahun di PG-TK Ar-Raudhah Pepelegi, dengan kemampuan matematika yang dimiliki anak lain, secara umum anak masih bergantung pada orang tua atau guru dalam memahami pembelajaran yang diberikan guru. Jika dilihat pada anak usia 3-4 tahun yang ada di PG-TK Ar-Raudhah Pepelegi, mereka sudah memperlihatkan kemampuan yang dimilikinya mulai dari mengenal bilangan melalui jumlah benda sampai dengan anak mampu menyelesaikan tugas yang diberikan guru. Pada dasarnya dengan memberikan kesempatan kepada anak untuk mencari pengalaman secara langsung dapat menambah kemampuan matematika pada diri anak. Maka metode pembelajaran seperti apakah yang dilakukan di PG-TK Ar-Raudhah sehingga kemampuan matematika anak usia 3-4 tahun dapat berkembang dengan baik. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan matematika anak usia 3-4 tahun PG-TK Ar-Raudhah Pepelegi Waru Sidoarjo, (2) Bagaimana Implementasi metode Montessori dalam kemampuan matematika anak usia 3-4 tahun di PG-TK Ar-Raudhah Pepelegi Waru Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa yang digunakan yakni model Miles dan Huberman dimana dalam proses analisanya dimulai dari mereduksi data, kemudian menyajikan dan verifikasi. Teknik keabsahan data yang digunakan yakni metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode Montessori dalam pembelajaran matematika khususnya di PG-TK Ar-Raudhah Pepelegi berkembang cukup bagus karena anak mulai mampu mengenal bilangan sampai dengan memahami konsep dan mampu menyelesaikan tugas yang diberikan guru dengan sedikit atau tanpa bantuan sama sekali, hal ini menunjukkan bahwa startegi guru dalam menerapkan metode montessori dalam meningkatkan kemampuan matematika yang dimiliki anak sudah mulai berkembang dengan baik. Begitu juga dengan implementasi yang telah dilaksanakan di lembaga PG-TK Ar-Raudhah Pepelegi sudah sesuai dengan tahapan yang ada pada metode Montessori mulai dari tahapan menunjukkan bilangan, tahapan mengenalkan dengan media pembelajaran kongkret sampai dengan tahapan mengingat kembali pembelajaran matematika yang sudah diberikan guru sebelumnya, sehingga anak dapat meningkatkan kemampuan matematika yang dimilikinya dengan baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rizky, Dewi Anggrainirizkydwiani@gmail.comD98216054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMas’ud, Sulthonsulthonmasud@yahoo.com2073091001
Thesis advisorMuallifah, Ilunilunmuallifah@yahoo.com2006076701
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Metode montessori; Pembelajaran Matematika; Aanak usia 3-4 tahun
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Rizky Dewi Anggraini
Date Deposited: 20 Sep 2020 12:53
Last Modified: 20 Sep 2020 12:53
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44064

Actions (login required)

View Item View Item