Ideologi dan strategi gerakan kemahasiswaan : studi kasus Gema Pembebasan di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khasanah, Irma (2020) Ideologi dan strategi gerakan kemahasiswaan : studi kasus Gema Pembebasan di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Irma Khasanah_E92216031.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemunculan fonomena gerakan keagamaan yang menarik perhatian para akademisi di Indonesia saat ini ditandai dengan lahrinya organisasi Islam di kalangan kampus yang memperluas ideologinya. Problem kebangkitan gerakan islam di kalangan kampus ini cukup tampak di pandang dibandingkan gerakan kegamaan lain karena aktivitas gerakan ini melahirkan ide-ide pemikiran yang mereka terapkan dalam upaya menegakkan kembali konsep islam yang kaffah yang kemudian gerakan ini di beri nama Gerakan Mahasiswa pembebasan (Gema Pembebasan). Dalam skripsi ini penulis membahas tiga rumusan masalah diantaranya bagaimana sejarah perkembangan Gerakan Mahasiswa Pembebasan di Perguruan Tinggi Surabaya, Bagaimana Gerakan Mahasiswa Pembebasan Menyusun Ideologinya di Perguruan Tinggi Surabaya dan bagaimana strategi gerakan mahasiswa pembebasan pasca adanya keputusan PERPU Nomor 2 tahun 2017. Dalam penelitian ini peneliti menggunkan penelitian kualitatif seperti melakukan wawancara kepada pihak yang di teliti. Dalam penelitian ini penulis menganalisi hasil temuan menggunkan teori Dessut de Tracy yang menjelaskan bagaimana ide-ide pemikiran itu lahir dalam sebuah organisasi yang kemudian dijadikan pijakan dalam organisasi tersebut selain itu peneliti juga menggunakan teori dari Quantan Wictorowicz yang menjelaskan bagaimana relasi gerakan kegamaan bias berkembang dengan pesat di kalangan minoritas. Berdasarkan penelitian ini ideologi yang di usung Gema Pembebasan yaitu ideologi politik Islam yang ingin menegakkan kembali konsep Daulah Islamiyah. Adapun strategi yang gerakannya yaitu tahap tatsqif (pembinaan dan pengkaderan), tahap taf’ul (berinteraksi), tahap istilaamu al-hukmi (penerimaan kekuasaan). Dalam gerakan sosial dimana mereka memanfaatkan relasi antar teman dan keluarga, memanfaatkan sarana kampus, serta pembingkaian isu-isu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khasanah, IrmaIrmakhasanahlmj16@gmai.comE92216031
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKunawi, Kunawikunawi@uinsby.ac.id2018096401
Thesis advisorNasruddin, Nasruddinnasruddin@uinsby.ac.id2003087301
Subjects: Ideologi Politik
Ideologi Islam
Film > Film -- Aspek Keagamaan
Keywords: Ideologi; Gerakan Sosial; Gema Pembebasan.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Irma Khasanah
Date Deposited: 16 Sep 2020 02:12
Last Modified: 23 Sep 2020 07:14
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44023

Actions (login required)

View Item View Item