Persepsi masyarakat jawa mengenai penentuan hari pernikahan berdasarkan petung weton desa Tuwiri Kulon kecamatan Merakurak kabupaten Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putra, Muhammad Pria Wahyu (2020) Persepsi masyarakat jawa mengenai penentuan hari pernikahan berdasarkan petung weton desa Tuwiri Kulon kecamatan Merakurak kabupaten Tuban. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muchammad Pria Wahyu Putra_ J01216022.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Persepsi Masyarakat Jawa Mengenai Penentuan Hari Pernikahan Berdasarkan Petung Weton Desa Tuwiri Kulon Kecamatan Merakurak Kabupaten Tuban. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara observasi, untuk mengumpulkan setiap informasi yang diterima. informan dalam penelitia ini adalah Masyarakat Desa Tuwiri Kulon, dengan jumlah informan sebanyak 4(empat) orang yang memiliki rentang usia berbeda, latar belakan pendidikan dan juga profesi yang berbeda. Hasil penelitian menyebutkan bahwa Masyarakat desa Tuwiri Kulon memiliki berbagai macam persepsi, yang pertama menganggap petung weton merupakan suatu metode perhitungan yang menggunakan rumus khusus guna menghasilkan hari baik pernikahan dan sebagai tolak ukur yang digunakan dalam menentukan hari pernikahan, karena mengandung unsur magis dan apa bila meninggal memiliki dampak negative seperti ketentraman dan kenyamanan rumah tangga akan terganggu, ada pula yang menyebutkan bahwa petung weton adalah tradisi peninggalan leluhur guna memberi sugesti kewaspadaan dikala berumah tangga. Berdasarkan hasil data diatas, adapun saran yang dapat diberikan sebagai berikut, jangan melihat suatu kebudayaan hanya dari satu sudut pandang akan tetapi lihatlahlah segala sesuatu dari beberapa sudut pandang sehingga mampu menghasilkan persepsi yang baik dan menghasilkan manfaat bagi kehidupan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putra, Muhammad Pria WahyuPriaputa20@gmail.comJ01216022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRosyidi, Hamimhamim_rosyidi@yahoo.co.id2024086201
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Agama
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Persepsi; Petung Weton; Hari Baik Pernikahan.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi
Depositing User: Pria Putra
Date Deposited: 14 Sep 2020 12:29
Last Modified: 14 Sep 2020 12:29
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/43980

Actions (login required)

View Item View Item