Analisis persaingan usaha warung kopi di Kecamatan Prambon Kabupaten Sidoarjo dalam perspektif pasar monopolistik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Asri, Amalia (2020) Analisis persaingan usaha warung kopi di Kecamatan Prambon Kabupaten Sidoarjo dalam perspektif pasar monopolistik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Asri Amalia_G71216032.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menjawab analisis tentang persaingan usaha warug kopi di Kecamatan Prambon Kabupaten Sidoarjo. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan pengumpulan data dengan melalui wawancara dan dokumentasi. Pengumpulan data ini dilakukan dengan wawancara kepada pemilik warung kopi di Kecamatan Prambon Kabupaten Sidoarjo. Hasil dari penelitian ini bahwa persaingan usaha warung kopi di Kecamatan Prambon sudah lebih baik dari yang dahulu yang berarti sudah berkembang dengan pesat. Warung kopi yang dahulu masih sederhana dan apa adanya yang sekarang ini sudah banyak usaha warung kopi baru yang bermunculan yang memiliki banyak fasilitas seperti dari segi tempat yang nyaman yang didesain lebih menarik, lebih modern, lebih kekinian, pelayanan yang bagus, produk yang berbeda, fasilitas yang lebih memadai dan untuk harganya sendiri pun juga menyesuaikan dengan apa yang telah disediakan oleh warung kopi tersebut dengan kebutuhan para konsumen. Lalu pada saat ini untuk persaingan usaha warung kopi di Kecamatan Prambon Kabupaten Sidoarjo dimasa pandemi covid 19 ini mereka mengalami penurunan dikarenakan tidak boleh berjualan untuk mengurangi proses penyebaran covid 19 dimasa pandemi covid 19 ini. Dilarangnya berjualan di usaha warung kopi ini karena pada usaha tersebut salah satu tempat berkumpulnya masyarakat yang bisa menyebabkan penyebaran covid 19. Sedangkan pemerintah memberi kebijakan untuk melarang masyarakat untuk memicu kerumunan di suatu tempat. Sehingga pada usaha warung kopi ini mengalami penurunan pendapatan yang harus menutup sementara usaha warung kopi mereka atau tetap membuka usahanya dengan mentaati batasan waktu serta protokol kesehatan yang sudah ditentukan. Apabila pelaku usaha yang melanggar peraturan yang disudah ditentuan maka usahanya akan ditutup paksa oleh petugas keamanan. Kalau menurut ciri - ciri teori pasar monopolistik bahwasannya terdapat banyak penjual, sifat barangnya berbeda corak, perusahaan memiliki sedikit kekuasaan mempengaruhi harga, keluar masuk asar yang tidak banyak mengalami kesukaran, melakukan promosi penjualan yang sangat aktif. Berdasarkan teori tersebut bahwasannya ada yang sesuai dan ada yang tidak sesuai dengan teori pasar monopolistik. Sehingga dalam penelitian ini untuk usaha warung kopi yang berada di Kecamatan Prambon Kabupaten Sidoarjo ini masih belum sesuai dengan teori pasar monopolistik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Asri, Amaliaasri.amalia09@gmail.comG71216032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbdul, Hakimhakim_ekis@yahoo.co.id2004087004
Subjects: Wirausaha
Tenaga Kerja
Keywords: Persaingan Usaha; Teori pasar Monopolistik
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Asri Amalia
Date Deposited: 15 Sep 2020 05:12
Last Modified: 17 Sep 2020 16:42
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/43967

Actions (login required)

View Item View Item