Pemikiran keislaman Amina Wadud dalam konteks sejarah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mukarromah, Suyeqty (2020) Pemikiran keislaman Amina Wadud dalam konteks sejarah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Suyeqty Mukarromah_A92216154.pdf

Download (9MB)

Abstract

Fokus dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana biografi dari Amina Wadud, (2) bagaimana pemikiran keislaman dari Amina Wadud, (3) dan bagaimana pengaruh pemikiran Amina Wadud di era kontemporer. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode sejarah dengan menempuh beberapa tahapan yaitu, heuristik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi. Tiga permasalahan tersebut penulis teliti dengan menggunakan dua pendekatan, yaitu pendekatan Historis dan Sejarah Intelektual. Pendekatan ini digunakan karena skripsi ini masuk dalam kategori sejarah. Dalam penelitian ini pendekatan Historis di gunakan untuk mengetahui perjalanan hidup dari Amina Wadud secara menyeluruh. Sedangkan pendekatan Sejarah Intelektual digunakan untuk mengungkapkan pemikiran tokoh dengan merekonstruksi kembali pemikirannya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah kerangka teoritik utama Ibnu Khaldun tentang perubahan di masyarakat, teori Richard J. Bersnestern tentang sejarah Intelektual pemikiran tokoh. Hasil dari penelitian ini adalah: Pertama, Amina Wadud lahir di Bethesda, sebuah kota di Maryland, Amerika Serikat pada 25 September 1952 dengan nama asli Maria Teasly. Dia adalah pemikir kontemporer yang mencoba melakukan rekonstruksi metodologis mengenai kesetaraan gender dan keadilan. Kedua, pemikiran Amina menggunakan gagasan kritis yang bersumber dari Alquran. Asumsi dasar yang di jadikan kerangka pemikirannya menunjukkan pemikiran reformistik. Pemikiran ini bertujuan untuk memberikan penafsiran baru. Dia melihat pesan-pesan Alquran dari sudut pandang perempuan. Sehingga mampu memberikan arti makna yang berbeda dari para pemikir lain. Ketiga, kiprahnya di dunia aktivis turut membantu dalam proses tranformasi pemikiran feminisnya. Pengaruh Amina di Indonesia di salurkan melalui gagasan atau ide-idenya lewat hasil karyanya. Sehingga, memunculkan sederet nama tokoh Feminis muslim di Indonesia. Serta, keikutsertaan Amina dalam bekerjasama dengan Rumah Kitab dalam mentransformasikan pemikirannya. Munculnya pemikiran dan tindakan dari Amina Wadud yang mengguncang dunia dengan melaksanakan “Shalat Jumat Bersejarah” ini tidak terlepas dari kegelisahannya terhadap kondisi kaum perempuan saat itu. Sehingga banyak, mempengaruhi beberapa tokoh perempuan muslim yang mendukung aksinya di beberapa wilayah diantaranya, Afrika, Amerika Serikat, dan Inggris.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mukarromah, Suyeqtysuyeqtym28@gmail.comA92216154
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhodafi, MohammadM.Khodafi@uinsby.ac.id2029117202
Subjects: Pemikiran
Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Pemikiran keislaman; Amina Wadud; Sejarah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Suyeqty Mukarromah
Date Deposited: 14 Sep 2020 07:53
Last Modified: 14 Sep 2020 07:53
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/43954

Actions (login required)

View Item View Item