Keistimewaan Lebah menurut Tantawi Jauhari dan Fakhruddin al Razi dalam surat an Nahl ayat 68-69: studi komparatif tafsir al Jawahir dan tafsir al Kabir

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kamilia, Zahrotul (2010) Keistimewaan Lebah menurut Tantawi Jauhari dan Fakhruddin al Razi dalam surat an Nahl ayat 68-69: studi komparatif tafsir al Jawahir dan tafsir al Kabir. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zahrotul Kamilia_ E03216047.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif-analitis-komparatif yaitu dengan cara menganalisa dan menguraikan serta menyajikan data apa adanya, kemudian membandingkan pendapat mufasir dalam menafsirkan ayat-ayat al-Qur’an sehingga terlihat persamaan dan perbedaannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tafsir surat an-Nahl ayat 68-69 perspektif Tantawi Jauhari dan Fakhruddin al-Razi serta mengetahui persamaan dan perbedaannya. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode yang digunakan Tan}tawi dalam menafsirkan al-Qur’an adalah metode tahlili dengan corak penafsiran ilmi, al-Ra>zi menafsirkan al-Qur’an menggunakan beberapa metode, jika dilihat dari segi pendekatan maka ia menggunakan pendekatan al-ra’yi, jika dilihat dari coraknya maka ia menggunakan corak ilmi, falsafi dan adabi ijtima’i, jika dilihat dari model penafsirannya maka ia menggunakan metode tahlili dan muqaran. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penafsiran Tantawi dan al-Razi memiliki persamaan dan perbedaan. Dalam menafsirkan ayat ini, Tantawi memaparkan penjelasan sains dengan sangat luas, ia menyebut perilaku sosial lebah yang sangat unik, tiga kasta dalam kehidupan lebah, proses terbentuknya madu dan rahasia heksagonal pada lebah madu. Al-Razi menafsirkan ayat ini dengan memaparkan penjelasan sains yang tidak terlalu luas, akan tetapi dia lebih banyak membahas dari segi sastra dan memasukkan pendapat ulama lain. Ia menyebut beberapa mufrodat kemudian menjelaskannya, ia juga menyebut sedikit kehidupan sosial lebah, ratu lebah, rahasia heksagonal pada sarang lebah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kamilia, Zahrotulzahrohkamilia98@gmail.comE03216047
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbu Bakar, Abu Bakarabubakaryamani@yahoo.com197304041998031006
Thesis advisorUmar, Athoillahdakatir@live.com197909142009011005
Subjects: Biografi
Al Qur'an
Keywords: Tantawi; al Razi; lebah; heksagonal
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Zahrotul Kamilia
Date Deposited: 12 Sep 2020 12:52
Last Modified: 12 Sep 2020 12:52
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/43916

Actions (login required)

View Item View Item