Makna literatur keislaman bagi mahasiswi bercadar Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatimah, Nyimas Fany (2020) Makna literatur keislaman bagi mahasiswi bercadar Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nyimas Fany Fatimah_E21216110.pdf

Download (2MB)

Abstract

Bercadar saat ini sedang menjadi trend bagi wanita muslimah, termasuk di kalangan mahasiswi Islam. Fenomena ini juga mulai menggejala di UIN Sunan Ampel Surabaya, sekalipun jumlah mereka relatif kecil dibandingkan dengan jumlah keseluruhan mahasiswi. Melihat problem tersebut di era milenial ini banyak fenomenal gaya berpakaian yang dikenakan wanita yang saat ini sebagai bahan perdebatan di berbagai kalangan. Pada dasarnya setiap manusia memiliki ciri khas cara berpakaian berbeda antara satu dengan yang lainnya. Dengan adanya perbedaan itu muncullah sebuah identitas. Penelitian ini hendak meneliti makna yang mereka rujuk bagi mahasiswi bercadar di UIN Sunan Ampel Surabaya pada saat mereka berproses memakai cadar, terutama terfokus pada dua hal yaitu makna literatur keislaman bagi mereka dan eksistensi mahasiswi pasca ia mengambil rujukan tersebut. Penelitian ini dilaksanakan selama kurang lebih tujuh bulan dengan sebanyak enam mahasiswi bercadar. Data-data yang terkumpul kemudian dianalisis secara kualitatif. Melalui penelitian ini, mencoba meneliti mahasiswi bercadar dengan teori tindakan sosial oleh Max Weber dan eksistensialisme dari M. Iqbal dengan kebutuhan penelitian. Penelitian ini juga menemukan bahwa cadar bagi mereka tidak semata-mata model fashion, tapi yang terpenting adalah mereka menyakininya sebagai kewajiban bagi muslimah dalam berpakaian. Di samping itu, mereka juga nyaman karena cadar berfungsi untuk melindunginya. Literatur mahasiswi bercadar UIN Sunan Ampel Surabaya adalah mengambil rujukan dari kajian yang sudah mereka ikuti. Banyak sekali rintangan sebelum mereka memakai cadar, antara lain: Masyarakat tidaklah secara langsung menerima jika ada orang di lingkungannya memakai cadar, perkataan negatif yang didapatkan mahasiswi ini. Berbagai macam respon baik dan buruk dari masyarakat atau temannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatimah, Nyimas Fanyrafifany2@gmail.comE21216110
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuktafi, Muktafimuktafi.sahal@yahoo.co.id2013086001
Thesis advisorNurhayati, Aniek--2007096902
Subjects: Islam, Pakaian dan Perhiasan
Jilbab
Wanita
Keywords: Literatur Keislaman; Mahasiswi Bercadar; Tindakan Sosial Max Weber; Eksistensialisme M. Iqbal
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Nyimas Fany Fatimah
Date Deposited: 13 Sep 2020 13:13
Last Modified: 13 Sep 2020 13:13
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/43883

Actions (login required)

View Item View Item