Nasionalisme dan faham keislaman DR. H. Roeslan Abdulgani tahun 1914 - 2005.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Iqbal, Muhammad (2020) Nasionalisme dan faham keislaman DR. H. Roeslan Abdulgani tahun 1914 - 2005. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Iqbal_A92216089.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian sejarah dengan judul “Nasionalisme dan Faham Keislaman Dr. H. Roeslan Abdulgani Tahun 1914 - 2005”. Penelitian ini menjawab permasalahan bagaimana sosok seorang Roeslan Abdulgani, sikap Nasionalis Roeslan Abdulgani dalam bernegara dan faham keislaman Roeslan Abdulgani dalam beragama. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode historis dengan menggunakan sumber sekunder yang berasal dari kepustakaan. Pendekatan tersebut berguna dalam mengungkapkan bagaimana sosok Roeslan Abdulgani dan mengetahui dinamika pemikirannya. Dalam hal teori penulis menggunakan teori Mimikri cenderung atas pemikiran Homi Bhabha yaitu, selalu dengan tegas mengambil posisi walaupun itu bertentangan untuk keamanan individu atau kelompok. Ia selalu memosisikan diri dimana kita bisa melihat kedua sisi secara kritis. Dari hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa Roeslan Abdulgani terlahir di keluarga terpandang pada zaman Belanda. Ayahnya seorang saudagar yang cukup kaya dan memiliki banyak relasi para bangsawan pada zaman itu. Roeslan Abdulgani sudah di ajarkan oleh ayahnya bagaimana sikap Nasionalisme sejak dini, karena di kediaman mereka banyak sekali para penduduk yang memiliki ras dan agama yang berbeda. Roeslan juga merupakan petinggi di Organisasi Masyarakat (Muhammadiyah), ia sering mengisi beberapa tausiyah dan motivasi kepada pemuda pemudi Muhammadiyah. Dalam kehidupan beragama Roeslan Abdulgani sangat menghormati satu sama lain. Roeslan juga seorang yang rajin beribadah, agamis serta berbudi luhur dengan selalu berpedoman dalam alquran dan Hadis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Iqbal, Muhammadrekyan1997@gmail.comA92216089
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasyhudi, Masyhudimasyhudi_adab@yahoo.com2006045901
Subjects: Biografi
Islam
Pancasila
Keywords: Roeslan Abdulgani; Nasionalisme; Faham Keislaman.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Muhammad Iqbal
Date Deposited: 13 Sep 2020 22:50
Last Modified: 13 Sep 2020 22:50
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/43822

Actions (login required)

View Item View Item