Internalisasi nilai-nilai toleransi melalui program penguatan keagamaan di Ma'had Al Jami'ah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

'Amala, Yuntafaul (2020) Internalisasi nilai-nilai toleransi melalui program penguatan keagamaan di Ma'had Al Jami'ah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yuntafaul 'Amala_D91216086.pdf

Download (3MB)

Abstract

Perubahan dunia kini tengah memasuki era revolusi industri 4.0 atau revolusi industri dunia keempat. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi secara tidak langsung merupakan bagian dari pengaruh globalisasi yang menawarkan kebebasan dan kemewahan dalam segala aspek kehidupan. Fenomena dari globalisasi banyak melahirkan sifat individualisme. Sehingga saat ini telah lahir konflik-konflik di Indonesia seperti permusuhan, diskriminasi dan lain-lain. hal tersebut tak hanya terjadi di masyakat, namun juga telah terjadi di pesantren (Ma’had). Semua itu terjadi dikarenakan minusnya toleransi antar individu yang satu dengan yang lainnya. Toleransi merupakan sesuatu hal yang sangat krusial dan harus menjadi pusat perhatian pemerintah juga warga negara Indonesia. Salah satu lembaga pendidikan islam tradisional yang berbentuk pesantren atau ma’had tujuan utamanya yakni tidak hanya terfokus kepada belajar, dan mengembangkan khazanah keilmuwan, namun pesantren juga merupakan wadah atau tempat untuk pembinaan moral dan akhlak para santri. Di era globalisasi saat ini pesantren mempunyai peranan yang sangat penting dalam memperbaiki diri dari pengaruh-pengaruh negatif. Seperti yang telah terjadi saat ini, yaitu telah memudarnya nilai-nilai toleransi sehingga banyak sekali timbul permusuhan, perpecahan, diskriminasi dan lain-lain. Melalui pesantren yang didalamnya terbentuk sebuah program penguatan keagaaman bisa digunakan sebagai cara untuk memperbaiki diri dengan menginternalisasikan nilai-nilai toleransi didalamnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain, observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, tahap selanjutnya yaitu mengklasifikasikan data sesuai dengan rumusan masalah, kemudian menganalisis data dengan menggunakan teknik analisis deskriptif, sehingga ditarik suatu temuan penelitian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
'Amala, YuntafaulYuntafaulamala90@gmail.comD91216086
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNawawi, M.abuasimazz@yahoo.com2015045701
Thesis advisorZaini, Achmadzainiazami@yahoo.com2012057001
Subjects: Agama
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Evaluasi
Keywords: Iternalisasi; Nilai-nilai toleransi; Program Penguatan Keagamaan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yuntafaul 'Amala
Date Deposited: 19 Sep 2020 13:26
Last Modified: 19 Sep 2020 13:26
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/43815

Actions (login required)

View Item View Item