Peran Kh. Muhammad Ilyas penarip dalam penyebaran Islam di kota Mojokerto (1850-1941m)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kamiludin, Ahmad (2020) Peran Kh. Muhammad Ilyas penarip dalam penyebaran Islam di kota Mojokerto (1850-1941m). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Kamiludin_A02216001.pdf

Download (2MB)

Abstract

Apa saja peran dan kontribusi KH. Muhammad Ilyas dalam mengembangkan Islam di Kota Mojokerto? Penulisan skripsi ini disusun dengan menggunakan metode penelitian sejarah yaitu: Heuristik (pengumpulan sumber), Verifikasi (kritik sumber), Interpretasi (penafsiran sumber), dan Historiografi (penulisan sejarah). Sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan sosiologi historis. Adapun teori yang digunakan sebagai alat bantu dalam penelitian ini adalah teori tindakan Talcott Parson yang menjelaskan bahwa tindakan adalah perilaku yang disertai aspek upaya subjektif dengan tujuan membawa kondisi-kondisi situasional, atau isi kenyataan, lebih dekat pada keadaan yang ideal. Dari penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa 1) KH. Muhammad Ilyas merupakan salah satu tokoh masyarakat yang mendakwahkan Islam di Kota Mojokerto khususnya di Desa Penarip, Kecamatan Kranggan, Kota Mojokerto. ia pertama kali datang di Kota mojokerto pada tahun 1882 kemudian menikah dengan Nyai Shafurah yang masih mempunyai nasab sampai Ki Ageng Raden Basyariah Sewulan Madiun. 2) Strategi dakwah yang dilakukan oleh KH. Muhammad Ilyas yakni melalui beberapa jalur yakni: perkawinan, perdagangan, pengajian dan pendidikan. 3) peran dan kontribusi KH. Muhammad Ilyas dalam mengembangkan Islam di Kota Mojokerto yakni, Mendirikan Mushalla dan Masjid, mendirikan pondok pesantren yang bernama al-S}a>lih}iyyah, dan menulis manuskrip yang masih tersimpan rapi di rumah ahli warisnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kamiludin, Ahmadnieltha97@gmail.comA02216001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSukarma, Sukarmafahmy_abdoeh@yahoo.co.id2028106301
Subjects: Biografi > Biografi Islam
Dakwah
Sejarah > Sejarah Islam
Keywords: Peran; KH Muhammad Ilyas; penyebaran Islam; Kota Mojokerto.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Ahmad Kamiludin
Date Deposited: 09 Sep 2020 07:23
Last Modified: 09 Sep 2020 07:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/43771

Actions (login required)

View Item View Item