Analisis upaya pemberdayaan pengrajin tempe di sentra industri kecil desa Kedungcangkring

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rizqy, Muhammad Rahmi (2020) Analisis upaya pemberdayaan pengrajin tempe di sentra industri kecil desa Kedungcangkring. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Rahmi Rizqy_G01216018.pdf

Download (2MB)

Abstract

Metodologi penelitian yang diguanakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kaus pada objek. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan wawancara dengan informan. Informan dalam hal ini adalah perwakilan dari pemerintah desa, kemudian informan selanjutnya adalah pengrajin tempe yang ada di Desa Kedungcangkring. Hasil dari penelitian ini adalah 1) pemerintah sudah melakukan upaya pemberdayaan dalam perkembangan untuk pengrajin tempe, dengan diadakannya bimbingan teknis mengenai produksi tempe yang optimal, serta pemerintah desa juga memberikan fasilitas berupa layanan proteksi usaha atau Surat Izin Usaha Perdagangan dimana ini sangat penting untuk menunjang perkembangan dari para pengrajin tempe yang ada di Desa Kedungcangkring, pelatihan inovasi serta design juga dilaksanakanan Pemerintah Desa Kedungcangkring. Pemerintah Desa Kedungcangkring akan terus menyadarkan dan memberikan fasilitas-fasilitas guna perkembangan para pengrajin tempe. 2) multiplier effect yang dihasilkan dari adanya upaya pemberdayaan pengrajin tempe ini adalah dengan semakin berdayanya para pengrajin tempe membuat lapangan pekerjaan semakin meningkat, kemudian pendapatan masyarakat Desa Kedungcangkring lebih sejahtera dari sebelumnya, munculnya jiwa-jiwa wirausaha, kemudian perputaran ekonomi yang ada di wilayah Desa Kedungcangkring akan berjalan dengan optimal, karena dengan semakin meningkatnya para pengrajin tempe serta jumlah permintaan tempe secara tidak langsung akan membuat petani kedelai lebih sejahtera, tidak hanya itu para penjual ragi, para peternak hewan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rizqy, Muhammad RahmiRahmirizqy07@gmail.comG01216018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYudha, Ana Toni Roby Candraanatoniroby@gmail.com2024018703
Subjects: Keterampilan
Keywords: Pemberdayaan; Multiplier Effect.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Muhammad Rahmi Rizqy
Date Deposited: 08 Sep 2020 11:49
Last Modified: 08 Sep 2020 11:49
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/43713

Actions (login required)

View Item View Item