Analisis hukum islam terhadap Wanprestasi dalam kerjasama bagi hasil pengusaha kayu dengan pemodal di desa Gelam kecamatan Candi kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yusuf, Oxy Achmad (2020) Analisis hukum islam terhadap Wanprestasi dalam kerjasama bagi hasil pengusaha kayu dengan pemodal di desa Gelam kecamatan Candi kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Oxy Achmad Yusuf C02216057.pdf

Download (2MB)

Abstract

Bagaimana cara menyelesaikan wanprestasi kerjasama bagi hasil pengusaha kayu dengan pemodal di Desa Gelam Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo, dan bagaimana analisis terhadap akad dan praktik penyelesaian wanprestasi dalam kerjasama bagi hasil pengusaha kayu dengan pemodal di Desa Gelam Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo. Data penelitian merupakan menggunakan hasil penelitian lapangan (field rearch) di Desa Gelam Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo yang dihimppun melalui metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif dengan pola pikir deduktif, yaitu memaparkan terlebih dahulu landasan teori tentang akad Mud{a>rabah untuk menganalisis fakta empiris tentang kerja sama bagi hasil dalam usaha kayu dengan pemodal di Desa Gelam Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pelaksanaan kerja sama bagi hasil pengusaha kayu dengan pemodal di desa Gelam Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo terdapat wanprestasi antara pengusaha kayu dengan pemodal dimana pengusaha kayu tidak menyetor bagi hasil kepada pemodal. Berdasarkan hasil penelitian di atas, seharusnya pengusaha kayu ketika melaksanakan perjanjian harus ada perjanjian secara tertulis untuk mencegah terjadinya wanprestasi. Dan terdapat sanksi berupa pembayaran ganti rugi pegusaha kayu kepada pihak kreditur dalam hal ini pemodal, dan atau penahanan yang menjadi hak miliknya sebagai suatu jaminan dari sejumlah yang dijanjikannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yusuf, Oxy AchmadOxyachmadyusuf1112@gmail.comC02216057
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorMukarram, Akh.-2023095601
Subjects: Hukum > Hukum Perdata Islam
Hukum Ekonomi
Hukum Islam > Mudharabah
Uncontrolled Keywords: Bagi Hasil; Wanprestasi.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Oxy Achmad Yusuf
Date Deposited: 11 Sep 2020 05:21
Last Modified: 11 Sep 2020 05:21
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/43709

Actions (login required)

View Item View Item