Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam mengajukan masalah matematika ditinjau dari kecerdasan majemuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Roichanah, Elisa (2020) Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam mengajukan masalah matematika ditinjau dari kecerdasan majemuk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Elisa Roichanah_D74214056.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kritis siswa sangat berpengaruh terhadap pembelajaran matematika guna mencapai tujuan pada prosesnya. Salah satu caranya adalah dengan pendekatan problem posing atau pengajuan masalah matematika. Pada prosesnya, pembelajaran matematika seringkali membahas permasalahan logika dan angka. Selain itu juga melibatkan siswa untuk aktif dalam prosesnya, diantaranya dengan mengajukan pertanyaan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis yang muncul dalam mengajukan masalah matematika oleh siswa dengan kecerdasan logis matematis dan siswa dengan kecerdasan linguistik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah delapan siswa yang terbagi menjadi 4 siswa dengan kecerdasan logis matematis, dan 4 siswa dengan kecerdasan linguistik yang diambil dari siswa kelas VIII-A di SMP Negeri 2 Gresik pada semester genap tahun ajaran 2019/2020 dengan menggunakan teknik purposive sampling (pemilihan sampel bertujuan). Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tugas tertulis berupa tes pengajuan masalah matematika dan wawancara. Tes pengajuan masalah matematika dan wawancara dianalisis berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis siswa dalam mengajukan masalah matematika. Berdasarkan analisis data hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dalam mengajukan masalah matematika bagi siswa dengan kecerdasan logis matematis antara lain mampu mengajukan hingga menyelesaikan masalah matematika yang diajukan serta selalu dapat memberikan alasan yang relevan terkait langkah-langkah yang diambilnya, baik dalam mengajukan maupun menyelesaikan masalah matematika, dan berada pada level sangat kritis dan kritis. Sedangkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam mengajukan masalah matematika bagi siswa dengan kecerdasan linguistik antara lain mampu mengajukan masalah matematika, namun tidak semua masalah yang diajukannya dapat terselesaikan dengan baik serta tidak dapat memberikan alasan yang relevan terkait langkah-langkah yang diambilnya, baik dalam mengajukan maupun menyelesaikan masalah matematika, dan berada pada level cukup kritis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Roichanah, Elisaelisa.roichanah@gmail.comD74214056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.id2028098401
Thesis advisorKusaeri, Kusaerikusaeri@uinsby.ac.id2006077202
Subjects: Kecerdasan
Matematika
Linguistik
Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis; Mengajukan Masalah Matematika; Kecerdasan Logis Matematis; Kecerdasan Linguistik.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Elisa Roichanah
Date Deposited: 06 Sep 2020 10:55
Last Modified: 06 Sep 2020 10:55
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/43670

Actions (login required)

View Item View Item