Manfaat tumbuhan Hilbah dalam perspektif hadis dengan pendekatan kesehatan: Kajian Ma’anil Hadis Mu’jam al-Kabir lil tabrani No.Indeks 187

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Feldiana, Felni (2020) Manfaat tumbuhan Hilbah dalam perspektif hadis dengan pendekatan kesehatan: Kajian Ma’anil Hadis Mu’jam al-Kabir lil tabrani No.Indeks 187. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Felni Feldiana_E95216033.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kesehatan merupakan suatu hal yang sangat penting bagi manusia, karena dengan fisik yang sehat manusia dapat melakukan segala aktivitas dengan mudah. Bahkan dalam Hadis RasullahSAW di jelaskan mengenai anjuran meminta doa agar di beri kesehatan,karena pentingnya kesehatan itu agar tubuh tidak sakit dan mudah dalam melakukan aktivitas. Ketika sudah sakit maka akan di perlukan yang namanya pengobatan, baik berupa pengobatan secara medisatau tradisional. Seperti halnya pengobatan tradisional berupa obat herbal dari tanaman hilbah. Penelitian ini mengkaji MANFAAT TANAMAN HILBAH dari jalur Mu’jam Al-kabir Lil Tabrani yang meliputi manfaat tanaman fenugreek. Pemaknaan hadis tentang manfaat hulbah kesehatan menurut para ahli hadis, dan manfaat tanaman Hilbah dalam perspektif Hadis dengan Pendekatan Kesehatan. Untuk menjawab permasalahan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu dengan mengumpulkan data-data yang terkait untuk mendapatkan hasil informasi yang di cari. Kemudian penelitian ini juga di paparkan terkait hasil penelitian ini. Kemudian metode dalam meneliti hasil menggunakan metode Kajian Ma’anil dengan mengumpulkan beberapa hadis yang setema untuk mendapatkan informasi yang utuh dan komprehensif. Kemudian kesimpulan dari penelitian ini yaitu Hadis Mu’jam al-Kabir lil Thabrani ini berstatus sahih dengan melihat pada kualitas sanad dan matan hadis. Di karenakan sanad dan matanya ketika di teliti berstatus sahih, sehingga hadis ini berstatus sahih. Dan pemaknaan hadis dari berbagai ahli hadis berpendapat bahwa hadis ini membahas mengenai manfaat dari tanaman hilbah ketika itu yaitu membunuh dan menurunkan penyakit demam, membunuh dan menurunkan penyakit kanker usus, membunuh dan menurunkan penyakit radang kulit, membunuh dan menurunkan penyakit bisul.manfaat tanaman hilbah mengandung macam obat yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit, sebagaimana yang sudahdi jelaskan olehRasulullah SAW. Dan dalam prespektif ilmu kesehatan yang membahas masalah obat-obatan yaitu ilmu kesehtan menyatakan bahwa manfaat dari tanaman hilbah ini memiliki kandungan yangdapat diekstrak menjadi obat atau langsung di konsumsi berupa obat herbal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Feldiana, Felnifebilaauliya68@gmail.comE95216033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIchwayudi, Budibudi.ichwayudi@gmail.com2016047602
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan
Pengobatan Tradisional
Keywords: Tumbuhan Hilbah; Kesehatan; Hadis Nabi SAW.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: felni feldiana
Date Deposited: 05 Oct 2020 06:59
Last Modified: 05 Oct 2020 06:59
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/43657

Actions (login required)

View Item View Item