Sejarah kesenian Islam Jedor desa Sendangagung kecamatan Paciran kabupaten Lamongan (1970-2019)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Laili, Aziza Salmaa (2020) Sejarah kesenian Islam Jedor desa Sendangagung kecamatan Paciran kabupaten Lamongan (1970-2019). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aziza Salmaa Laili_A92216064.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kesenian Jedor merupakan kesenian yang tersebar di Indonesia terutama di Pulau Jawa, meskipun dengan penyebutan yanng berbeda-beda. Kesenian ini menggunaan jidur, terbang/rebana serta kendang sebagai instrumennya. Salah satu desa yang memiliki kesenian ini adalah Desa Sendangagung, seni Jedor digunakan oleh masyarakat khususnya masyarakat Desa Sendangagung Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan untuk mewujudkan rasa cinta terhadap Nabi Muhammad, selain itu masyarakat juga menggunakan kesenian ini sebagai media hiburan. Penelitian kesenian Jedor ini memiliki tujuan untuk memahami kesenian Jedor di Desa Sendangagung dengan mengetahui perubahan serta perkembangan yang dialami oleh kelompok Jedor Sendagagung pada tahun 1970-2019. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian sejarah untuk mencari tahu perkembangan dari masa ke masa, serta menggunakan teori antropologi kognitif dan evolusi budaya. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan menuliskan secara deskrptif hasil penelitian. Kesenian Jedor Desa Sendangagung mengalami dinamika perkembangan dan perubahan dari tahun 1970-2019, di antara penambahan instrumen musik, tambahan lagu, perubahan mnajamen dan fungsi. Dinamika tersebut disebabkan karena adanya pengaruh dari faktor internal dan eksternal, Faktor internal berasal dari diri pemain Jedor da faktor eksternal berasal dar pengaruh luar seperti kontak denga kesenian lain, perubahan tradisi dan teknologi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Laili, Aziza Salmaaazizasalmalaili@gmail.comA92216064
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasyhudi, Masyhudimasyhudi_adab@yahoo.com2006045901
Subjects: Budaya Islam
Budaya - Agama
Sejarah Peradaban Islam
Keywords: kesenian; budaya; seni jedor.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Aziza Salmaa Laili
Date Deposited: 08 Sep 2020 09:49
Last Modified: 08 Sep 2020 09:49
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/43608

Actions (login required)

View Item View Item