Model pembelajaran integrasi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan umum : studi multi kasus di SMP Puteri Tazkia Internasional Islamic Boarding School (IIBS) kabupaten Malang dan MTS Surya Buana kota Malang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Romelah, Romelah (2020) Model pembelajaran integrasi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan umum : studi multi kasus di SMP Puteri Tazkia Internasional Islamic Boarding School (IIBS) kabupaten Malang dan MTS Surya Buana kota Malang. PhD thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Romelah_F15331356.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh realitas pemisahan pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan mata pelajaran Umum di jenjang SMP dan MTs, yang berimplikasi pada kemampuan peserta didik menjadi parsial dalam memahami materi pelajaran. Karena itu, diperlukan model pembelajaran yang mengintegrasikan antara mata pelajaran PAI dan Umum. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancangan perangkat pembelajaran integrasi pada mata pelajaran PAI dan mata pelajaran Umum, implementasinya, problematikanya dan faktor pendukung tercapainya model pembelajaran tersebut di SMP Puteri Tazkia dan MTs Surya Buana.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Studi multi kasus. Sumber data meliputi person (orang), terdiri dari Kepala MTs, Director of Ma’had, Kepala Program Diniyah dan Mantan Kepala Kepesantrenan Puteri SMP, guru mapel PAI dan Umum dan peserta didik kelas VII dan VIII. Penentuannya dilakukan dengan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Data dikumpulkan dengan teknik observasi (participant observation & passive partisipant) dan wawancara. Tempat penelitian di SMP Puteri Tazkia dan MTs Surya Buana, dan paper dengan dekomentasi. Analisis data melalui analisis kasus tunggal, dengan model analisis Miles dan Huberman (reduksi data, penyajian data dan kesimpulan). Juga analisis lintas kasus, digunakan untuk membanding dan memadukan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perangkat pembelajaran di SMP Puteri Tazkia sudah dibuat secara terformat, sedangkan di MTs Surya Buana belum dibuat secara terformat, namun guru tim sudah menentukan dan menyamakannya dengan empat KD. (2) Implementasi pembelajaran di SMP Puteri Tazkia belum sepenuhnya mengikuti sintak integrasi, tetapi lebih memasukkan ayat Qur’an pada mapel Umum dan ilmu sains dan sosial pada mapel PAI dan evaluasinya dengan lisan dan tulis. Untuk itu, hasil temuan peneliti dalam melaksanakan pembelajaran termasuk model integrasi tipe nested. Sedangkan di MTs Surya Buana sudah sepenuhnya mengikuti sintaks pembelajaran integrasi, yang masing-masing mapel bergabung pada 1 kelompok projek dengan mengintegrasikan temanya menjadi tema besar. Evaluasinya secara lisan, K-13 sebagai pijakan dengan pendekatan tematik, sehingga model yang dilaksanakn webbed. (3) Faktor pendukung tercapainya pembelajaran integrasi adalah dukungan penuh dari pimpinan lembaga dan warga di kedua sekolah tersebut.

Kata kunci : Model Pembelajaran Integrasi, Mata Pelajaran PAI dan Umum

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Romelah, Romelahromlah.unmuh@gmail.comF15331356
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMudlofir, Alimudlofir_ali@yahoo.com2016116301
Thesis advisorAsrohah, Hanunasrohah@yahoo.com2010046801
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum
Keywords: Model Pembelajaran Integrasi; Mata Pelajaran PAI dan Umum.
Divisions: Program Doktor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Romelah Romelah
Date Deposited: 08 Sep 2020 09:17
Last Modified: 08 Sep 2020 09:17
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/43562

Actions (login required)

View Item View Item