Pengaruh game kuis berbasis android terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh kelas VIII di MTS Nurul Huda Sedati Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmatin, Atika Qutrotun Nada (2020) Pengaruh game kuis berbasis android terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh kelas VIII di MTS Nurul Huda Sedati Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Atika Qutrotun Nada Rohmatin_D91216049.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana penerapan game kuis berbasis android pada mata pelajaran fiqh di Mts Nurul Huda Sedati Sidoarjo? (2) Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqh siswa kelas VIII di MTs Nurul Huda Sedati Sidoarjo? (3) Bagaimana pengaruh game kuis Berbasis android terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh Kelas VIII di MTs Nurul Huda Sedati Sidoarjo?. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya perkembangan teknlogi di era globalisasi, pendidik dapat melakukan inovasi dalam proses pembelajaran untuk menjadikan pembelajaran di kelas lebih menarik yaitu dengan memanfaatkan berbagai program yang mampu menghasilkan sebuah media pembelajaran interaktif. Salah satu penggunaan media pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran yaitu dengan menggunakan kuis interkatif dikelas menggunakan aplikasi yaitu Quizizz. Dari aplikasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa. Data-Data penelitian ini dihimpun dari peserta didik di MTs. Nurul Huda Seddati – Sidoarjo sebagai Objek Penelitian. Dalam mengumpulkan data menggunakan metode kuisioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif. Untuk analisisnya menggunakan Teknik presentase dan analisis Product Moment.
Berdasarkan hasil yang diperoleh lapangan dan perhitungan menggunakan prosentase dan product moment dapat disimpulkan bahwa: (1) penggunaan game kuis berbasis android yang ada di MTs. Nurul Huda Sedati – Sidoarjo menunjukkan 81,1% dan menunjukkan baik. (2) sedangkan rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh Kelas VIII bernilai 84,8 Yang berati mendapatkan nilai yang baik sekali. (3) Dari perhitungan dapat diketahui bahwa terdapat bagaimana pengaruh game kuis berbasis android terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada Mata pelajaran Fiqh di MTs. Nurul Huda Sedati-Sidoarjo, yang mana diperoleh nilai rxy = 0,756 kemudian pada tabel “r “product moment pada taraf 5% = 0,367, dan 1% = 0, 471. Maka dapat diketahui bahwa nilai rxy lebih besar dari nilai taraf 5% dan 1%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh game kuis berbasis android terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih siswa kelas VIII di MTs. Nurul Huda Sedati-Sidoarjo adalah kuat atau tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmatin, Atika Qutrotun Nadaatika.qutrotun22@gmail.comD91216049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaifuddin, Syaifuddinsyaifuddin_mr@yahoo.co.id2029116901
Thesis advisorFahmi, Muhammadfahme_yes@yahoo.com2106087701
Subjects: Fikih
Teknologi
Keywords: Pengaruh Game; aplikasi Quizizz; metode pembelajaran.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atika Qutrotun Nada Rohmatin
Date Deposited: 03 Sep 2020 10:00
Last Modified: 03 Sep 2020 10:00
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/43556

Actions (login required)

View Item View Item