Visualisasi informasi kinerja desa terbaik untuk keterbukaan publik berbasis Adaptif Fuzzy - Promethee

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pradana, Ghozyan Hilman (2020) Visualisasi informasi kinerja desa terbaik untuk keterbukaan publik berbasis Adaptif Fuzzy - Promethee. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ghozyan Hilman Pradana_H06216008.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pemilihan desa terbaik yang dilakukan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Ngawi harus dilakukan dengan terbuka, keterbukaan informasi publik sangat penting karena masyarakat dapat mengontrol setiap langkah dan kebijakan yang diambil oleh pemerintah desa dalam mengambil kebijakan. Kendala yang dialami yaitu sulitnya menghitung perangkingan yang dikarenakan banyaknya sub kriteria yang digunakan. Dalam penelitian ini berfokus pada pengembangan sistem informasi yang dapat membantu Dinas DPMD dalam mengelola aplikasi perangkingan desa terbaik sekaligus aplikasi visualisasi informasi untuk keterbukaan publik. Aplikasi ini dikembangkan berbasis website dan dibangun menggunakan metode Fuzzy C-Means sebagai clustering kecamatan dan metode Adaptif Fuzzy-Promethee untuk perangkingan desa terbaik. Hasil pengujian fungsionalitas menggunakan metode Black Box menyatakan bahwa aplikasi ini dapat melewati semua scenario test case. Hasil pengujian evaluasi performance aplikasi dengan membandingkan metode Adaptif Fuzzy-Promethee dan Topsis mendapatkan metode Adaptif Fuzzy-Promethee lebih unggul 15% dari metode Topsis dengan execution time 4,071 detik dibanding 5,579 detik. Untuk pemeriksaan hasil perangkingan desa terbaik, menggunakan validasi dari pakar yang mana mendapatkan hasil diterima atau sesuai dari pandangan pakar dan juga sesuai dengan keadaan langsung di lapangan. Untuk pengujian kualitas cluster menggunakan Silhouette Index menghasilkan bahwa semua data berada pada cluster yang tepat. Dari hasil pengujian evaluasi pengguna didapatkan nilai Mean Opinion Score(MOS) sebesar 4,8 yang dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini bermanfaat dan dapat diterima oleh pengguna. Hasil dari penelitian didapatkan aplikasi yang mampu memberikan kontribusi praktis dalam membantu mengelompokkan wilayah yang ditampilkan dalam peta digital serta mampu melakukan perangkingan desa untuk mengetahui desa dengan kinerja terbaik serta mampu memberikan suatu visualisasi informasi secara terbuka untuk masyarakat umum.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pradana, Ghozyan Hilmanghozyan20.ozy@gmail.comH06216008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWibowo, Achmad Teguhatw@uinsby.ac.id2026108801
Thesis advisorRidwan, Mujibmujibrw@uinsby.ac.id2027048602
Subjects: Teknologi
Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: Desa Terbaik; Indeks Desa Membangun; Fuzzy C-Means; Adaptif Fuzzy-Promethee; Silhouette Index.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Ghozyan Hilman Pradana
Date Deposited: 03 Sep 2020 11:56
Last Modified: 03 Sep 2020 11:57
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/43538

Actions (login required)

View Item View Item