Parenting Self Efficacy pada orang tua dengan anak ADHD

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulya, Mufida Kirana (2020) Parenting Self Efficacy pada orang tua dengan anak ADHD. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mufida Kirana Ulya_J71216115.pdf

Download (1MB)

Abstract

Anak yang terlahir sempurna merupakan harapan bagi setiap orang tua. Namun, tidak semua anak dapat lahir sempurna seperti halnya pada anak berkebutuhan khusus (ABK). Informan dalam penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus dengan gangguan ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat gambaran parenting self efficacy pada orang tua dengan anak ADHD yang berprestasi. Adapun prestasi yang dimiliki yaitu juara lomba robotic menyusun dan merakit lego. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi dengan 2 informan utama yang merupakan ibu bekerja. Kedua informan ini berada di rentang usia dewasa madya. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kedua informan penelitian memiliki parenting self efficacy yang baik. Pengasuhan yang dilakukan memenuhi aspek dalam parenting self efficacy antara lain pencapaian anak, rekreasi, disiplin, pengasuhan secara emosional dan kesehatan. Kedua informan penelitian ini tidak mengalami banyak kesulitan dalam melakukan proses pengasuhan meskipun keduanya sama-sama bekerja. Beberapa hal yang mendukung dalam proses mengasuh antara lain dukungan sosial dari lingkungan sekitar dan karakteristik yang dimiliki oleh anak ADHD dari kedua informan tersebut. Kesibukan dalam suatu pekerjaan membuat waktu luang bersama anak menjadi terbatas termasuk hal yang menghambat proses pengasuhan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulya, Mufida Kiranamufidakirana@gmail.comJ71216115
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhoyyaroh, Tatikmukhoyyarohtatik@gmail.com2011057603
Subjects: Anak
Psikologi
Orang tua dan Anak
Keywords: Parenting self efficacy; ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder)
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Mufida Kirana Ulya
Date Deposited: 02 Sep 2020 14:50
Last Modified: 02 Sep 2020 14:50
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/43532

Actions (login required)

View Item View Item