Strategi promosi akun instagram @Surabaya_Foodies pada peningkatan penjualan kuliner

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurjannah, Siti (2020) Strategi promosi akun instagram @Surabaya_Foodies pada peningkatan penjualan kuliner. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Nurjannah G73216052 pdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode wawancara dan observasi untuk mendapatkan data primer, yaitu dengan mewawancarai pemilik akun @surabaya_foodies serta 5 pemilik usaha yang telah melakukan endorsement dengan @surabaya_foodies. Data hasil wawancara tersebut kemudian di analisis dengan cara mereduksi data sehingga didapatkan data-data penting untuk melengkapi penelitian ini sehingga dapat ditarik kesimpulan guna menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan pada rumusan masalah. Hasil wawamcara menunjukkan bahwa strategi yang digunakan dalam melakukan promosi sesuai dengan teori 4C dalam menggunakan media sosial yaitu context, communication, collaboration, dan connection. Pada context @surabaya_foodies memerhatikan kualitas dan estetik pada foto atau video mereka serta menggunakan caption dengan memberikan informasi yang detail, pada communication @surabaya_foodies menerapkan smart review atau honest review ketika me-review produk atau kuliner, lalu pada collabration admin @surabaya_foodies sering melakukan interaksi dengan followers-nya dengan membalas komentar pada postingan, dan yang terakhir pada connection @surabaya_foodies menjadi hubungan berkelanjutan dengan cara rutin upload setiap harinya yaitu upload 6-9 foto per harinya. Serta hasil wawancara dengan lima pemilik usaha yang telah melakukan endorsement dengan @surabaya_foodies diketahui bahwa 4 kuliner mengalami peningkatan sedangkan 1 kuliner tidak mengalami peningkatan pada penjualannya.Peneliti menyarankan kepada pemilik usaha yang melakukan endorsement untuk tetap memerhatikan kualitas manpower-nya berupa kualitas pelayanan karena hal tersebut dapat mempengaruhi transaksi penjualan (keputusan pembelian) agar konsumen bersedia untuk melakukan pembelian berulang sehingga peningkatan penjualan dapat terjadi, dan untuk penelitian selanjutnya peneliti menyarankan untuk menambah informan dan menggunakan variabel lainnya agar pembahasan lebih meluas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurjannah, Sitinurjannah.st198@gmail.comG73216052
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorTantriana, MM, Deasydeasy@uinsby.ac.id2028128301
Subjects: Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen
Depositing User: Siti Nurjannah
Date Deposited: 02 Sep 2020 22:23
Last Modified: 02 Sep 2020 22:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/43518

Actions (login required)

View Item View Item