Pengorganisasian masyarakat dalam meningkatan kemandirian pangan melalui Program Desa Mandiri Pangan Berbasis Kearifan Lokal Petani di Dusun Singgahan I Desa Singgahan Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Melvak, Nadila Ulfa (2020) Pengorganisasian masyarakat dalam meningkatan kemandirian pangan melalui Program Desa Mandiri Pangan Berbasis Kearifan Lokal Petani di Dusun Singgahan I Desa Singgahan Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Melvak Nadila Ulfa_B92216080.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang proses pengorganisasian masyarakat untuk meningkatkan kemandirian pangan. Problem timbul dari kurangnya kesadaran masyarakat tentang kemandirian pangan dan juga masih rendahnya pengetahuan masyarakat tentang pentingnya kemandirian pangan. Selain itu pengelolaan lahan pekarangan yang belum maksimal juga menjadi salah satu faktor penyebab rendahnya kemandirian pangan di Dusun Singgahan I. Belum adanya wadah pendukung program peningkatan kemandirian pangan membuat masyarakat belum dapat memulai program ini. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan strategi ataupun cara dalam membangun dan meningkatkan kemandirian pangan sehingga menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pangan secara mandiri. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode PAR (Participatory Action Research). Pendekatan ini merupakan sebuah metode yang melibatkan masyarakat secara aktif untuk memahami problem yang masyarakat sedang hadapi. Selain itu metode ini mengajak masyarakat untuk berpartisipatif dalam menyelesaikan problemnya sendiri, mulai dari tahap perencanaan hingga evaluasi program. Pengorganisasian masyarakat yang dilakukan ini mengajak masyarakat untuk meningkatkan kemandirian pangan melalui pemanfaatan lahan pekarangan dengan berbasis kearifan lokal petani. Pengorganisasian masyarakat dimulai dari memberikan pendidikan tentang kemandirian pangan, dilanjutkan dengan menyiapkan media tanam. Masyarakat juga dijelaskan tentang cara menanamyang baik dan benar. Setelah itu melakukan proses perawatan serta penyembuhan penyakit serta membuat pupuk organik. Hal tersebut dilanjutkan dengan pembentukkan Desa Mandiri Pangan. Perubahan yang terjadi pada masyarakat setelah adanya program ini adalah meningkatnya kesadaran masyarakt tentang kemandirian pangan. Sehingga masyarakat berupaya untuk memenuhi kebutuhan pangannya secara mandiri. Dari hal tersebut dapat meningkatkan kemandirian pangan di Dusun Singgahan I.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Melvak, Nadila Ulfamelvaknadila99@gmail.comB92216080
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNur, Syamnursyamtuban2018@gmail.com2007055801
Subjects: Pembangunan
Pembangunan > Pembangunan Desa
Keywords: Pengorganisasian; Kemandirian Pangan; Desa Mandiri Pangan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Melvak Nadila Ulfa
Date Deposited: 02 Sep 2020 10:15
Last Modified: 02 Sep 2020 10:15
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/43508

Actions (login required)

View Item View Item