Gaya belajar kinestetik (kinestetic learning) studi kasus siswa pada kelompok B di Taman Kanak-kanak (TK) Dharma Wanita Desa Trojalu Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoiriyah, Siti Aminatun (2020) Gaya belajar kinestetik (kinestetic learning) studi kasus siswa pada kelompok B di Taman Kanak-kanak (TK) Dharma Wanita Desa Trojalu Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Aminatun Khoiriyah_D98215043.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di kelompok B TK Dharma Wanita Trojalu Baureno Bojonegoro, salah satu siswa laki-laki yang berinisial ‘RT’ memiliki ciri-ciri yang dominan seperti ciri-ciri gaya belajar kinestetik. Diantara adalah tidak bisa diam/aktif, pandai meniru mimik muka orang lain, lebih suka mencoba-coba, tempo bicaranya lambat, sulit mengendalikan emosi, belajar dengan menggunakan gerakan tubuh, masih kesulitan dalam hal menulis membaca dan berhitung. Ciri-ciri tersebut tidak lantas membuat para guru kelas membiarkan ‘RT’ tetap tertinggal, namun beberapa upaya dan strategi terus dilakukan oleh mereka untuk membuat ‘RT’ bisa mencapai tumbuh kembang sesuai yang diinginkan dan mengejar ketertinggalan. Menciptakan kelas yang kondusif, adalah termasuk strategi guru untuk melakukan upaya dan juga termasuk salah satu faktor pendukung bagi gaya belajar kinestetik ‘RT’ sehingga dapat memudahkan ‘RT’ berkonsentrasi belajar, merasa nyaman dan bahagia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana gaya belajar kinestetik yang dialami oleh ‘RT’ baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan rumah, apa saja upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan-kesulitan gaya belajar kinestetik yang dialami oleh ‘RT’, serta apa saja faktor pendukung dan penghambat yang muncul saat pembelajaran berlangsung dengan adanya gaya belajar kinestetik tersebut. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, jenis pendeketan deskriptif kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawncara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni analisis data kualitatif Bogdan dan Biklen yang mana prosesnya pertama adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat enam aspek perkembangan anak usia dini. ‘RT’ memiliki kelebihan satu aspek pada aspek sosial emosional dengan kategori pencapaiannya Berkembang Sangat Baik (BSB), dia sangat senang dan ceria ketika berososialisasi dengan teman-temannya dan ketika bermain dia telah mentaati peraturan permainan dengan tertib. Terdapat dua aspek kelemahan yakni, pada aspek kognitif dengan kegiatan berhitung dan aspek bahasa dengan kegiatan membaca. Kedua-duanya mendapatkan kategori Mulai Berkembang (MB). Upaya yang dilakukan guru ketika mengetahui kesulitan ‘RT’ dalam menulis, guru tetap memberikan pedampingan dan arahan kepada ‘RT’ dengan membantu memegang pensil kemudian menulis. Dalam kesulitan berhitung, upaya yang dilakukan adalah dengan meminta bantuan orang tua untuk belajar bersama dengan ‘RT’ ketika di rumah, dengan terus-menerus melatih ‘RT’ mengerjakan soal berhitung dengan bantuan jari-jemarinya atau menggunakan sempoa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoiriyah, Siti Aminatunsitiaminatunkhoiriyah@gmail.comD98215043
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuallifah, Ilunilunmuallifah@yahoo.com2006076701
Thesis advisorMukhoiyaroh, Mukhoiyarohmukhoiyarohftk@gmail.com2009047302
Subjects: Pendidikan > Anak
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Orang tua dan Anak
Keywords: Gaya Belajar Kinestetik (Kinestetic Learning)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Siti Aminatun Khoiriyah
Date Deposited: 03 Sep 2020 13:23
Last Modified: 03 Sep 2020 13:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/43491

Actions (login required)

View Item View Item