Pemberdayaan petani dalam mengembangkan sistem pertanian terpadi di desa Ngemboh Kecamatan Ujungpangkah kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Megawati, Era (2020) Pemberdayaan petani dalam mengembangkan sistem pertanian terpadi di desa Ngemboh Kecamatan Ujungpangkah kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Era Megawati_B02216012.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian dalam penulisan skripsi ini membahas tentang kondisi petani yang terbelenggu dengan besarnya pengeluaran biaya input produksi tani yang harus petani keluarkan guna keberlangsungan sector pertanian yang ada dalam desa negmboh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi kerentanan petani di Desa Ngemboh Mengetahui strategi dan hasil pemberdayaan petani dalam mengembangkan sistem Pertanian Terpadu di Desa Ngemboh Kecamatan UjungPangkah Kabupaten Gresik., dan Mengetahui hubungan pemberdayaan petani dalam mengembangkan sistem pertanian terpadu dengan dakwah Pengembangan Masyarakat Islam (PMI). Penelitian ini menggunakan metode pendekatan PAR (Participatory Action Research) yang memprioritaskan partisipasi masyarakat dan menjadikanya sebagai pelaku atau subjek dalam penelitian ini.histoty yang dimiliki masyarakat menjadi bahan penelitian ini. Dengan mengkaji masalah yang ada dimasyarakat sampai dengan upaya penyelesaian masalah tersebut sehingga menciptakan perubahan sosial yang dikendaki dan dibutuhkan oleh masyarakat. Masalah besarnya pengeluran biaya input produksi tani di Desa Ngemboh memberi dampak negative pada petani dan juga lingkungan pertanian mereka. petani akan mengalami keterpurukan jika terus mengalami kerugian dalam usahanya tidak hanya itu kerugian usaha tani akan berdampak negative pada kondisi sosial ekomoni petani. Pemberdayaan petani sebagai upaya pemecahan masalah dalam penelitian ini dilakukan dengan pedoman pendekatan penelitian PAR , yang dimulai dengan pemetaan awal, inkulturasi, penemuan masalah, penyelesaian masalah, menyusun strategi gerakan perubahan sampai refleksi dan evaluasi aksi perubahan yang dilaksanakan bersama dengan masyarakat. Pemahaman dan peningkatan kualitas petani dalam mengembangkan inovasi pertanian yang minim biaya input produksi menjadi hasil dari gerakan aksi perubahan sosial yang dilakukan oleh masyarakat tani di Desa Ngemboh. Pemberdayaan petani menuju petani mandiri dalam konteks ajaran agama islam sebagai wujud perbaikan hablum minannas dan sebagai khalifah yang diberi amanah untuk selalu melakukan perbaikian dimuka bumi ini untuk mendapatkan kesuksesan dan kebahagiaan di dunia dan diakhirat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Megawati, Eraeramega0@gmail.comB02216012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnsori, Mohammadanshormoh75@gmail.com2018087502
Subjects: Dakwah > Dakwah bil Hal
Pemberdayaan
Dakwah > Pengembangan Masyarakat
Keywords: Pemberdayaan; Petani; Biaya Usaha Tani,
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Era Mega wati
Date Deposited: 02 Sep 2020 10:48
Last Modified: 02 Sep 2020 10:48
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/43471

Actions (login required)

View Item View Item