Konsep hijrah dalam gerakan dakwah: studi fenomenologi pada anggota gerakan #IndonesiaTanpaPacaran

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zaki, Muhammad (2020) Konsep hijrah dalam gerakan dakwah: studi fenomenologi pada anggota gerakan #IndonesiaTanpaPacaran. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Zaki_F02718295.pdf

Download (5MB)

Abstract

Maraknya seruan hijrah oleh gerakan dakwah akhir-akhir ini ternyata banyak diikuti dengan upaya penyebaran nilai-nilai Islam konservatif. Salah satu yang terindikasi melakukannya adalah gerakan #IndonesiaTanpaPacaran. Gerakan dakwah ini terindikasi memprogandakan konsep hijrah yang berpotensi menimbulkan masalah karena mengandung nilai-nilai konservatif yang dibawa oleh Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), organisasi masyarakat yang telah dibubarkan oleh Pemerintah Indonesia. Dengan adanya potensi masalah pada konsep hijrah tersebut maka penelitian ini berusaha untuk mendalami konsep dan makna hijrah menurut para anggota gerakan #IndonesiaTanpaPacaran. Untuk itu jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yang analisisnya menggunakan teori fenomenologi Alfred Schutz dan teori konstruksi sosial Peter L. Berger dan Thomas Luckman. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara mendalam terhadap informan, observasi langsung, dan dokumentasi. Informasi yang diperoleh dari informan utama kemudian di konfirmasi ulang dengan sumber data yang lain untuk memastikan keabsahan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa anggota #IndonesiaTanpaPacaran memiliki konsep hijrah yang beragam. Secara umum mereka memang sama-sama memaknai hijrah sebagai perubahan perilaku dari buruk menjadi baik sesuai dengan ajaran Islam, namun dalam memahami implementasi hijrah mereka memiliki keragaman terutama dalam hal kewajiban menegakkan syariat Islam. Sedangkan dalam hal motif berhijrah, mereka memiliki kesamaan. Because of motive mereka berhijrah adalah karena takut mendapatkan penderitaan di akhirat sedangkan in-order-to motive-nya adalah supaya mendapatkan kebahagiaan di akhirat. Temuan lain menunjukkan anggota gerakan #IndonesiaTanpaPacaran mengkonstruksi hijrah sebagai ketaatan menjalankan ajaran Islam. Implementasi ketaatan tersebut beragam dan uniknya para anggota justru tidak menjadikan gerakan #IndonesiaTanpaPacaran sebagai rujukan keagamaan mereka. Mereka lebih terikat dengan organisasi keislaman lain. Oleh karena itu penelitian ini menunjukkan propaganda hijrah gerakan #IndonesiaTanpaPacaran tidak benar-benar berhasil bahkan kepada anggotanya sekalipun.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zaki, Muhammadmuhzaki149@gmail.comF02718295
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSunarto, Sunartonarto_as@yahoo.com2026126901
Thesis advisorNurdin, Aliali.nurdin@uinsby.ac.id2002067101
Subjects: Dakwah > Dakwah - Materi
Dakwah > Dakwah, Masyarakat
Keywords: Konsep Hijrah; Gerakan Dakwah; Fenomenologi, #IndonesiaTanpaPacaran.
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Muhammad Zaki
Date Deposited: 01 Sep 2020 12:19
Last Modified: 01 Sep 2020 12:19
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/43469

Actions (login required)

View Item View Item