Hubungan antarumat beragama: studi tentang interaksi sosial pada masyarakat multikulturaldi desa Jatikalang Krian Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nulikta, Ameida Frika (2020) Hubungan antarumat beragama: studi tentang interaksi sosial pada masyarakat multikulturaldi desa Jatikalang Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Suna Ampel Surabaya.

[img] Text
Ameida Frika Nulikta_E72214014.pdf

Download (2MB)

Abstract

Adanya masyarakat multikultural dengan berbagai latar belakang kebudayaan yang berbeda menjadikan alasan penulis untuk mengangkat tema tentang hubungan antarumat beragama, cara masyarakat menjalin hubungan antarumat beragama disana dengan latar belakang yang berbeda dan upaya-upaya masyarakat untuk membangun dan menjaga hubungan antar beragama. Penelitian ini memiliki tema yaitu membahas tentang hubungan masyarakat satu dengan lainnya. Adapun dalam hubungan biasanya dilandasi dengan interaksi sosial antara masyarakat multikultural yang ada di wiliyah tertentu. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menjelaskan dan memahami bentuk-bentuk interaksi sosial masyarakat multikultural dan bertujuan untuk memahami dan menganalisis hubungan antarumat beragama di Desa Jatikalang Krian. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menggambarkan secara nyata tentang interaksi sosial antarumat beragama, yang dilihat dari berbagai toleransi yang terjalin di Desa Jatikalang. Penelitian kualitatif tersebut berdasarkan pada alasan, narasumber diarahkan untuk interaksi sosial masyarakat multikultural di Desa Jatikalang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini meliputi masyarakat penganut (Islam, Katolik, dan Hindu), para pemangku agama, dan perangkat desa. Hasil atau temuan lapangan dari penelitian ini di antaranya beragam bentuk interaksi sosial yang terjadi di lingkungan masyarakat Jatikalang. Interaksi yang terjadi sangatlah erat sehingga dapat mempertahankan hubungan antarumat agama yang baik. Masyarakat multikultural yang saling berinteraksi sosial dengan masyarakat satu agama dengan masyarakat agama lainnya. Upaya setiap masyarakat timbul dari diri masing- masing warga Jatikalang karena pada dasarnya manusia adalah mahluk sosial. Selain para warga yang saling berupaya menjaga hubungan dan interaksi, para perangkat desa dan pemangku agama saling menjaga hubungan antarumat agama menjadi hubungan yang terhindar dari konflik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nulikta, Ameida Frikaameidafrika28@gmail.comE72214014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRosidah, Feryani Umiferyani66@gmail.com2008026901
Subjects: Budaya - Agama
Lingkungan Hidup
Keywords: Hubungan Antarumat Beragama; Interaksi Sosial; Masyarakat Multikultural.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Ameida Frika Nulikta
Date Deposited: 01 Sep 2020 11:15
Last Modified: 01 Sep 2020 11:15
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/43450

Actions (login required)

View Item View Item