Analisis perilaku literasi digital keagamaan pada mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramdhani, Rizki (2020) Analisis perilaku literasi digital keagamaan pada mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizki Ramdhani_H76216074.pdf

Download (2MB)

Abstract

UIN Sunan Ampel Surabaya (UINSA) memiliki model pembelajaran berupa integrated twin-towers model yang menggabungkan keilmuan Islam dengan sains, teknologi, sosial dan humaniora. Dampaknya adalah mahasiswa UINSA diwajibkan untuk mendapatkan mata kuliah penguatan nilai keislaman apa pun program studinya. Mahasiswa sendiri dituntut untuk mandiri dalam proses pembelajaran, termasuk dalam mendapatkan sumber belajar keagamaan yang kini dapat diakses lebih mudah melalui internet. Akan tetapi tidak semua informasi keagamaan yang beredar di internet itu benar. Diperlukan kemampuan literasi digital keagamaan untuk mencegah timbulnya dampak negatif dari informasi yang tidak benar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat perilaku literasi digital keagamaan pada mahasiswa UINSA. Tingkat perilaku juga dilihat berdasarkan sudut pandang gender, asal fakultas dan latar belakang pendidikan. Kuesioner dipilih sebagai metode pengumpulan data dan respondennya adalah mahasiswa aktif tingkat S1 UINSA pada periode 20191. Instrumen penelitian mengacu pada UNESCO Media and Information Literacy Assessment Framework dan disesuaikan dengan kebutuhan penelitian. Data yang dianalisis sebanyak 455. Hasilnya adalah tingkat perilaku literasi digital keagamaan mahasiswa UINSA sudah berada pada tingkatan tinggi Artinya mahasiswa UINSA memiliki tingkat pengetahuan dan keterampilan literasi digital keagamaan sangat baik yang didapat melalui praktik dan pelatihan. Perilaku literasi digital keagamaan berdasarkan gender dan latar belakang pendidikan juga berada pada tingkat tinggi. Akan tetapi pada unsur asal fakultas, masih terdapat fakultas yang berada pada tingkat perilaku menengah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramdhani, Rizkirizkiramdhani1998@gmail.comH76216074
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRusydiyah, Evi Fatimaturevifatimatur@uinsby.ac.id2027127301
Thesis advisorRozas, Indri Sudanawatiindrisrozas@uinsby.ac.id2021078201
Subjects: Internet
Perilaku
Informasi
Keywords: Informasi keagamaan; Internet; Literasi digital keagamaan; Perilaku
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Rizki Ramdhani
Date Deposited: 01 Sep 2020 06:30
Last Modified: 01 Sep 2020 06:30
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/43442

Actions (login required)

View Item View Item