Pemanfaatan sampah dalam ekonomi kreatif pemuda di Kalianak Timur gg Lebar Kecamatan Krembangan Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoribah, Khoribah (2020) Pemanfaatan sampah dalam ekonomi kreatif pemuda di Kalianak Timur gg Lebar Kecamatan Krembangan Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khoribah_B02216026.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang sebuah proses pendampingan yang dilakukan kepada kelompok pemuda Karang Taruna RT 04 sebagai upaya membangun ekonomi kreatif di Kalianak Timur Gg Lebar Surabaya. Di mulai dari tahap membangun sebuah kesadaran terhadap sebuah aset serta memanfaatkan keterampilan dan kreatifitas yang dimiliki. Sehingga aset yang dimiliki dapat dimanfaatkan dengan lebih baik lagi serta dapat meningkatkan pendapatan untuk dapat mensejahterakan perekonomian kelompok pemuda. Dalam proses pendampingan ini peneliti menggunakan pendekatan ABCD (Asset Based Community Development), proses pendekatan pendampingan yang dilakukan dengan cara memanfaatkan sebuah potensi yang dimiliki untuk dapat mencapai sebuah tujuan yang diharapkan. Dengan pendekatan berbasis aset setiap individu maupun kelompok didorong untuk dapat memulai sebuah proses perubahan, karena ABCD merupakan sebuah pendekatan dalam pengembangan masyarakat yang bertujuan untuk dapat mewujudkan tatanan kehidupan sosial yang mana masyarakat itu sendiri yang menjadi pelaku dan menjadi sebuah penentu upaya pembangunan dilingkungangnya sendiri. Melalui proses aksi perubahan seperti melakukan uji coba pembuatan rak pot serta pemanfaatan sampah yang bisa digunakan untuk menjadi pot bunga, hal ini dapat menghasilkan sebuah kesadaran masyarakat terhadap aset limbah kayu yang masih bisa untuk digunakan dengan memanfaatkan sebuah keterampilan dan kreatifitas yang dimiliki. Sehingga yang tadinya limbah kayu tidak dimanfaatkan, sekarang dapat didaur ulang serta dimanfaatkan untuk menjadi sebuah kerajinan rak pot bungan yang nantinya dapat mempunyai nilai jual yang tinggi setelah adanya sentuhan kreatifitas. Adanya inovasi dalam pemanfaatan sampah, mampu meningkatkan pendapatan untuk dapat mensejahterakan perekonomian kelompok pemuda.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoribah, Khoribahkhoribahhakamsyah@gmail.comB02216026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, Chabibchabib.musthofa@uinsby.ac.id2030067902
Subjects: Dakwah > Dakwah - Metode
Dakwah > Dakwah, Masyarakat
Keywords: Kelompok pemuda; Sampah; Ekonomi kreatif
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Khoribah Khoribah
Date Deposited: 02 Sep 2020 04:40
Last Modified: 02 Sep 2020 04:40
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/43435

Actions (login required)

View Item View Item