Ekofeminisme dalam prespektif Vandana Shiva dan Musdah Mulia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayati, Nur (2020) Ekofeminisme dalam prespektif Vandana Shiva dan Musdah Mulia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Hidayati_E02216017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk memberikan referensi atau wacana terkait pentingnya permasalahan perempuan dan alam. Bahwasannya perkembangan peran perempuan selama ini dianggap tidak penting bahkan mereka diperlakukan tidak adil, selalu mendapatkan kekerasan, dan mendapatkan posisi yang rendah. Tidak adanya kebebasan bagi kaum perempuan karena adanya penindasan, serta kekuasaan yang didominasi oleh maskulinitas. Setelah perkembangan terkait feminis yang berangkat ingin menyetarakan antara kaum perempuan dan laki-laki mendapatkan kritikan dari aliran feminis yang lain, bahwasannya tidak hanya perempuan saja yang perlu diperhatikan ada hal lain diluar perempuan yang perlu dibahas yakni alam. Karena alam disimbolkan sebagai Ibu pertiwi yang memberikan sumber kehidupan bagi makhluknya yang juga memiliki sifat kelembutan, melindungi, menjaga, merawat sama seperti perempuan. Tetapi alam juga diperlakukan tidak adil, dan mendapatkan penindasan, seperti kerusakan, kekerasan, eksploitasi yang dilakukan kaum kapitalis. Dan ini yang membuat aliran feminis yang lain turut memperhatikan keterkaitan antara perempuan dan alam. Dalam aliran feminisme terkait perempuan dan alam disebut ekofeminisme. Vandana Shiva yang termasuk aktivis feminis dan ekologi berupaya agar lebih memperhatikan dampak yang terjadi pada alam dan perempuan. Dan Musdah Mulia yang termasuk feminis Muslim ingin merekonstruksi penafsiran teks-teks Al-Quran dan hadis terkait kesamaan perempuan dengan laki-laki. Dalam penelitian ini juga untuk menjawab konsep ekofeminisme dalam pandangan agama-agama (pemikiran dua tokoh yakni Vandana dan Musdah Mulia) dengan tiga rumusan masalah sebagai berikut:1. Bagaimana konsep ekofeminisme dalam pandangan Vandana Shiva dan implementasinya?. 2.Bagaimana konsep ekofeminisme dalam pandangan Musdah Mulia dan implementasinya?.3. Persamaan dan perbedaan terkait konsep dan implementasi kedua tokoh tersebut?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatifyangberfokus padaliterasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayati, Nurhidayatinur436@gmail.comE02216017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNasruddin, Nasruddinnasruddin@uinsby.ac.id2003087301
Subjects: Gender
Kepemimpinan
Keywords: ekofeminisme; maskulinitas; kapitalis
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Nur Hidayati
Date Deposited: 31 Aug 2020 12:21
Last Modified: 31 Aug 2020 13:10
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/43403

Actions (login required)

View Item View Item