Influencer produk kecantikan dalam mempromosikan produk dari perspektif etika bisnis islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Carrere Angeline Harienda (2020) Influencer produk kecantikan dalam mempromosikan produk dari perspektif etika bisnis islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Carrere Angeline Harienda Putri G74215133.pdf

Download (5MB)

Abstract

Metodeligi penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian analisis isi. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan yang mendalam pada video kecantikan yang dilakukan para beauty influencer yang dideskriptifkan kedalam bentuk laporan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah beauty influencer kini menjadi ikon baru dalam mempromosikan suatu produk. Bentuk upaya promosi yang dilakukan oleh seoran beauty influencer kedalam social medianya terdiri dari Channel Takeover, Creative Challenge, Emotional Story telling, Product Placement, How to, Guides and Review, Promos. Bedasarkan hasil dari semua objek yang diteliti sebagian besar beauty beauty influencer biasa menggunakkan guide and review video, creative challange dan juga emotional story telling video sebagai upaya mereka mempromosikan suatu barang tersebut, tidak hanya itu mereka juga menyisipkan tagar untuk mempermudah semua pengguna youtube untuk menemukan video tersebut terkait topik populer, link website dan sosial media yang memiliki kaitannya dengan brand yang nantinya akan mereka promosikan. Selain itu sebagai salah satu pelaku marketer, seorang beauty influencer baiknya dengan memberikan informasi yang mengandung kebenaran. Benarnya informasi yang disampaikan dapat mempengaruhi image dari beauty influencer dan kepercayaan penonton. Selain itu terdapat teladan Rasulullah dapat dijadikan acuan dalam mempromosikan produk perdagangannya. Adapun etika promosi yang talah diajarkan Rasulullah SAW, terdiri dari memiliki spiritual taqwa, berperilaku simpatik dan baik, berperilaku adil, menepati janji dan tidak curang, jujur dan terpercaya, tidak suka berburuk sangka, tidak suka menjelekkan produk lain, tidak melakukkan dan menerima suap.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Carrere Angeline Hariendacarrereputri@gmail.comG74215133
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKholis, Nurnurkholis08@gmail.com2011036701
Subjects: Ekonomi Islam
Etika
Promosi
Keywords: beauty influencer; Channel Takeover; Creative Challenge; Emotional Story telling; Product Placement; How to; Guides and Review; Promos.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Carrere Angeline Harienda Putri
Date Deposited: 31 Aug 2020 06:49
Last Modified: 31 Aug 2020 06:49
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/43393

Actions (login required)

View Item View Item