Pemahaman hadis tekstual dan implikasinya terhadap radikalisme beragama (al-tatarruf al-din) perspektif Yusuf Qardawi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lailiyah, Inayatul (2020) Pemahaman hadis tekstual dan implikasinya terhadap radikalisme beragama (al-tatarruf al-din) perspektif Yusuf Qardawi. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Inayatul Lailiyah _F02818313.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemikiran Yusuf Qardawi dalam karyanya al-Sahwah al-Islamiyyah Bayn al-Juh}ud wa al-Tatarruf. Karya tersebut menjelaskan secara impilisit adanya pengaruh pemahaman hadis secara tekstual terhadap radikalisme beragama. Dalam karya lainnya yaitu Kayf Nata‘amal ma’a al-Sunnah al-Nabawiyah Ma‘alim wa Dawabit, Yusuf Qard}awi menjelaskan secara implisit bahwa kontekstualisasi pemahaman hadis dapat dijadikan upaya dalam mencegah sikap ekstrem dalam memahami hadis. Untuk meneliti masalah ini dirumuskan pertanyaan yaitu 1) Bagaimana pemahaman hadis tekstual dapat berpengaruh pada radikalisme beragama dalam perspektif Yusuf Qardawi, 2) Bagaimana upaya mencegah radikalisme beragama melalui kontekstualisasi pemahaman hadis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan dalam bentuk penelitian kepustakaan (library reaserch), dengan melakukan metode analisis isi (content analysis) terhadap dua karya Yusuf Qardawi serta menentukan batasan dan ruang lingkup hadis-hadis yang dapat dipahami secara tekstual dan kontekstual. Hasil penelitian ini adalah 1) Menurut Yusuf Qardawi metode pemahaman hadis tekstual apabila diimplementasikan pada hadis- hadis ghair tashri‘ akan mengakibatkan radikalisme beragama,disebabkan adanya pengabaian terhadap aturan metodologi pemahaman hadis disamping lemahnya pengetahuan agama yang dimiliki . 2) Metode pemahaman hadis kontekstual yang dirumuskan Yusuf Qardawi dapat menjadi upaya mencegah radikalisme beragama karena kesimpulan dan pemahaman yang diambil dari teks hadis dapat lebih dialektis dan komunikatif terhadap problem sosial-keagamaan masyarakat muslim di era global, sehingga implementasi ajaran Islam yang moderat menjadi sebuah keniscayaan dan radikalisme beragama dapat dihindari.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lailiyah, Inayatulinayatullailiyah96@gmail.comF02818313
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorMuhid, Muhidmuhid@uinsby.ac.id2002106301
Subjects: Agama
Radikal dan Radikalisme
Hadis
Uncontrolled Keywords: Hadis; Pemahaman Tekstual; Radikalisme Beragama; Yusuf Qardawi.
Divisions: Program Magister > Ilmu Hadis
Depositing User: Inayatul Lailiyah
Date Deposited: 30 Aug 2020 10:14
Last Modified: 30 Aug 2020 10:14
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/43383

Actions (login required)

View Item View Item