Konstruksi media Detik.com dan Republika.co.id tentang dugaan penistaan agama pada pidato Sukmawati Sukarnoputri : analisis framing model Zhongdhang Pan dan Gerald M Kosicki

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa, Ayu Kamalia Khoirun (2020) Konstruksi media Detik.com dan Republika.co.id tentang dugaan penistaan agama pada pidato Sukmawati Sukarnoputri : analisis framing model Zhongdhang Pan dan Gerald M Kosicki. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ayu Kamalia Khoirun Nisa_B91216080.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ayu Kamalia Khoirun Nisa, B91216080, 2020. Konstruksi Media Detik.com Dan Republika.co.id Tentang Dugaan Penistaan Agama Pada Pidato Sukmawati Sukarnoputri (Analisis Framing Model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki). Persoalan yang dikaji dalam skripsi ini yakni, bagaimana konstruksi media Detik.com dan Republika.co.id tentang dugaan penistaan agama pada pidato Sukmawati Sukarnoputri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif-komparatif dengan pendekatan Analisis Framing, model Zhongdhang Pan dan Gerald M Kosicki, yang memiliki empat struktur: sintaksis, skrip, tematik dan retoris. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan observasi. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa media Detik.com melihat kasus penistaan agama dari beberapa hal diantaranya hukum, politik dan agama dengan menampilkan narasumber politikus dan riset. Sedangakan media Republika.co.id, banyak mengambil narasumber dari pakar agama untuk dijadikan berita. Republika mengkonstruksi kasus ini dari segi agama dimana pelakunya harus diproses secara hukum. Republika melihat kasus ini sebagai kasus yang dilakukan oleh Sukmawati. Rekomendasi untuk skripsi ini yaitu agar bisa mengkaji ulang dengan menggunakan metode analisis lainnya. Agar bisa melihat konstruksi media dari perspektif yang berbeda.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa, Ayu Kamalia Khoirunayukamalia12@gmail.comB91216080
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Lukmanlhakim@uinsby.ac.id2021087301
Subjects: Dakwah > Dakwah, Komunikasi
Dakwah > Dakwah - Media
Ilmu Komunikasi
Komunikasi Dalam Islam
Media Massa
Pendidikan > Media
Keywords: Konstruksi; Media; Penistaan Agama; Analisis Framing
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ayu Kamalia Khoirun Nisa
Date Deposited: 30 Aug 2020 04:37
Last Modified: 30 Aug 2020 04:37
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/43369

Actions (login required)

View Item View Item