Agama dan covid-19: studi ekspresi keagamaan Hindu di Dusun Bongso Wetan Desa Pengalangan Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Imadana, Dini Puriani (2020) Agama dan covid-19: studi ekspresi keagamaan Hindu di Dusun Bongso Wetan Desa Pengalangan Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dini Puriani Imadana_E02216007.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam temuan dijelaskan bahwa sebagai umat beragama, umat Hindu di Bongso Wetan Pengalangan Menganti Gresik selalu ingin berhubungan dengan Tuhan, terutama di rumah ibadah (pura). Namun, penyebaran virus Covid-19 dan adanya himbauan pemerintahan terkait dengan pelaksanaan ekspresi keagamaan agama Hindu, umat Hindu Bongso Wetan harus menyesuaikan segala ekspresi keagamaan Hindu. Sehingga, permasalahan dalam penelitian adalah: 1) bagaimana ekspresi pemikiran umat Hindu Bongso Wetan Pengalangan Menganti Gresik selama pandemi Covid-19. Ekspresi pemikiran sebagai dasar sesorang dalam beragama yang paling penting untuk meyakini Tuhannya sebagai yang maha tinggi dan meyakini ajaran-ajaran dan dogma-dogma dalam kitab suci secara batiniah dan kerohanian. Namun dalam kondisi seperti ini ( pandemi Covid-19 ) umat Hindu Bongso wetan meyakini bahwa pandemi adalah pringatan agar manusia tidak lagi berbuat kerusakan, dan menjadi lebih baik lagi. 2) bagaimana ekspresi praktek umat Hindu Bongso Wetan Pengalangan Menganti Gresik selama pandemi Covid-19 ekspresi praktek yang dimana selain pemikiran sebagai umat beragama kita juga wajib menjalankan interaksi terhadap Tuhannya melalui perbuatan yang nyata dengan peribadatan sebagai hal yang sakral dan suci. Dalam kondisi pandemi seperti ini peribadahan dilakukan di rumah agar tidak menyerbarnya Virus Covid-19. 3) bagaimana ekspresi perkumpulan umat Hindu Bongso Wetan Pengalangan Menganti Gresik selama pandemi Covid-19. Keterkaitannya dengan kedua ekpresi diatas yaitu dalam kehidupan sehari-hari baik individu maupu masyarakat dan beragama salain keyakinan dan pebuatan dalam ritual, kita juga dituntun untuk menerapkan ajaran-ajaran keagamaan dalam bersosial masyarakat. Dalam kondisi pandemi ini yang dimana interaksi yang dibatasi namun kita masih tetap menjaga berinteraksi sosial dengan menerapkan protokol kesehatan. Dengan adanya pandemi ini menimbulkan ketidak nyamanan dikarenakan kegiatan yang dilakukan di pura dialihkan di rumah, interaksi yang dibatasi demi memutus tali penyebaran virus Covid-19. Penelitian mengunakan metode penelitian kualitatif. Untuk mendapatkan data penelitian, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data: observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan model analisis Bogdan dan Taylor. Dikarenakan peneletian ini bersifat fenomenologi pada masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Imadana, Dini Purianidinipuriani98@gmail.comE02216007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNasruddin, Nasruddinnasruddin@uinsby.ac.id2003087301
Subjects: Agama > Hindu
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Covid-19; Umat Hindu
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Perbandingan Agama
Depositing User: Dini Puriani Imadana
Date Deposited: 29 Aug 2020 09:22
Last Modified: 29 Aug 2020 09:22
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/43341

Actions (login required)

View Item View Item