Pemanfaatan sayur kangkung untuk memberdayakan ekonomi keluarga di Dusun Pilanggadung Desa Tambakrigadung Kecamatan Tikung Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Laily, Ni'matun Nisfu (2020) Pemanfaatan sayur kangkung untuk memberdayakan ekonomi keluarga di Dusun Pilanggadung Desa Tambakrigadung Kecamatan Tikung Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ni'matun Nisfu Laily_B92216084.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penelitian pendampingan kepada pemberdayaan ekonomi keluarga petani sayur kangkung Dusun Pilanggadung Desa Tambakrigadung yang mempunyai aset local yaitu sayur kangkung untuk melakukan sebuah inovasi baru sebagai tujuan meningkatkan ekonomi keluarga dan kemandirian masyarakat dalam berwirausaha. Dengan adanya aset sayur kangkung dapat mengembangkan keterampilan petani sayur kangkung di Dusun Pilanggadung. Pendampingan ini menggunakan pendekatan Asset Based Community Development (ABCD), Yaitu Pendampingan yang dilakukan dengan memanfaatkan aset dan kekuatan yang dimiliki oleh manusia, dalam melakukan perubahan untuk mewujudkan tujuan yang diinginkan. Melalui kegiatan yang menciptakan untuk memberdayakan ekonomi keluarga petani sayur kangkung maka dibentuk kelompok dampingan kerupuk kangkung yang selama ini sayur kangkung hanya di jual secara mentah dengan harga jual yang rendah. Pelatihan membuat kerupuk kangkung berdampak pada kemandirian ekonomi keluarga dan melatih keterampilan yang dimiliki oleh anggota kelompok untuk menghasilkan sebuah produk bernilai jual tinggi untuk meningkatkan ekonomi keluarga.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Laily, Ni'matun NisfuNisfulaily1803@gmail.comB922160841
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMushtofa, Chabibchabib.musthofa@uinsby.ac.id197906302006041001
Subjects: Dakwah
Dakwah > Pengembangan Masyarakat
Keywords: Sayur kangkung; Ekonomi keluarga
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ni'matun Nisfu Laily
Date Deposited: 30 Aug 2020 03:05
Last Modified: 30 Aug 2020 03:05
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/43336

Actions (login required)

View Item View Item